SOLOPOS.COM - Pedagang bawang merah di pasar tradisional (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N. S)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas bawang merah turun hingga Rp5.000 per kilogram

Harianjogja.com, JOGJA—Harga beberapa bahan pangan kerap mengalami fluktuasi. Beberapa di antaranya mengalami penurunan seperti bawang merah yang turun harga Rp5.000 per kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu pedagang di Pasar Kranggan, Jogja Yati mengungkapkan, harga bawang merah turun Rp5.000 per kg. Harga sebelumnya Rp30.000 per kg, kini menjadi Rp25.000 per kg. Ia mengaku  biasa mendapatkan pasokan bawang merah dari Wates, Kulonprogo.

Ekspedisi Mudik 2024

“Panenannya bareng [bersamaan] jadi pasokannya banyak. Jadinya harga turun,” ujar dia kepada Harian Jogja ketika ditemui di Pasar Kranggan, Jogja, Selasa (19/1/2016).

Ia mengungkapkan, selain harga bawang merah, harga cabai rawit merah juga turun sebesar Rp5.000 per  kg. Harga cabai rawit biasanya Rp40.000 per kg kini menjadi Rp35.000 per kg. “Stoknya juga banyak karena tidak ada pembelinya. Biasanya kalau jumlah pembeli enggak banyak, harga akan turun,” ujar dia.

Salah satu pedagang di Pasar Beringharjo, Jogja Warti mengatakan, pedagang harus bersahabat dengan perubahan harga  yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Perubahan harga, bisa terjadi dalam kurun waktu baik mingguan, harian, maupun dalam hitungan jam.

“Misalnya ya, harga cabai itu bisa berubah dalam hitungan jam. Pagi harga segini, siang sudah beda lagi. Jadi cepat sekali ganti harga,” ujar dia.

Warti mengungkapkan, hal itulah yang membuat para pedagang tidak terlalu heran dengan perubahan harga. Pasalnya, harga dari pemasok juga berubah-ubah setiap harinya sehingga pedagang di pasaran hanya bisa mengikuti perubahan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya