SOLOPOS.COM - Mariam pedagang daging ayam di Pasar Minulyo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (22/8/2015). (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pacitan masih bertahan tinggi.

Madiunpos.com, PACITAN – Harga daging sapi di pasar Pacitan masih betah nangkring pada level atas. Harga kebutuhan pokok itu stabil tingga kendati masa libur Lebaran 2015 telah berlalu lebih dari sebulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pacitan, Jumat (21/8/2015), harga lauk-pauk tinggi protein itu masih bertengger pada kisaran Rp120.000/kg. Sedangkan harga daging sapi kualitas kedua, masih pada kisaran Rp 100.000/kg.

Dwi, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Minulyo, Kabupaten Pacitan mengatakan sejak akhir Lebaran lalu harga daging sapi terus merangkak naik. Bahkan menjelang Lebaran Haji ini, harga kebutuhan pokok itu masih enggan turun.

“Malah saat Lebaran lalu, kenaikannya tidak seberapa tinggi. Tapi sekarang ini, kenaikannya justru lebih tinggi. Mungkin menjelang Lebaran Haji, harga daging juga ikut terdampak,” kata Dwi.

Sekalipun terjadi kenaikan harga cukup signifikan, menurut Dwi ketersediaan ternak sapi masih melimpah. “Harga naik, tapi persediaannya cukup banyak,” ?jelas dia kepada wartawan.

Daging Ayam Potong
Stabil tingginya harga kebutuhan pokok juga terjadi pada komoditas daging ayam potong. Saat Lebaran lalu, pedagang pasar tradisional Pacitan menjual ayam potong tak lebih dari Rp30.000/kg. Akan tetapi, hingga kini, harga daging ayam sudah melonjak hingga Rp40.000/kg.

Mariam, salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Minulyo, membenarkan terjadinya kenaikan harga daging ayam potong tersebut. “Kalau sebulan lalu masih Rp30.000/kg, sekarang naik menjadi Rp40.000/kg,” katanya.

Selain daging ayam potong, kenaikan harga kebutuhan pokok juga terjadi pada komoditas daging ayam kampung. Namun, lanjut dia, daging ayam kampung tidak dihitung setiap kilogram, melainkan untuk setiap ekor ayam dan dipengaruhi pula besar-kecilnya ayam.

Harga ayam kampung, menurut Mariam, kini berkisar pada Rp40.000/ekor hingga Rp70.000/ ekor. “Bergantung besar-kecilnya ayam,” tegasnya. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya