SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang beras (JIBI/Solopos/Dok.)

Harga kebutuhan pokok jenis beras medium di Kota Madiun beranjak naik setelah bertahan normal beberapa saat.

Madiunpos.com, MADIUN — Harga beras medium jenis IR64 di sejumlah pasar tradisional di Kota Madiun, Jawa Timur naik akibat tingginya permintaan menjelang Iduladha 2015. Harga kebutuhan pokok itu yang sebelumnya Rp8.700/kg, kini berkisar Rp9.000/kg hingga Rp9.500/kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dulu kan sempat tinggi, sampai menyetuh harga Rp12.000/kg. Lalu setelah itu normal lagi di kisaran Rp8.700/kg dan sekarang ini mulai naik lagi,” ungkap Lestari, seorang pedagang kebutuhan pokok di Pasar Besar Madiun, Rabu (23/9/2015).

Menurut pedagang kenaikan harga beras tersebut dipicu banyaknya permintaan masyarakat menjelang Iduladha 2015. Namun, harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya tergolong stabil.

Harga telur ayam bukan ras misalnya bertahan pada kisaran Rp17.000/kg. Sementara itu, gula pasir Rp11.000/kg, sedangkan tepung terigu merek Segi Tiga Biru Rp7.600/kg.

Demikian juga untuk harga daging sapi dan daging ayam broiler tergolong stabil. Daging sapi bertahan Rp90.000/kg dan daging ayam broiler Rp23.000/kg.

Pedagang daging sapi di Pasar Besar Madiun, Ginem, mengaku stabilnya harga daging tersebut disebabkan karena banyaknya stok daging di masyarakat saat Iduladha 2015. “Warga biasanya mendapat jatah dari pembagian daging kurban. Jadi tidak belanja daging di pasar yang membuat permintaan daging menurun,” kata dia.

Ia menambahkan, jika momen Iduladha 2015 seperti ini, los pedagang daging di pasar sepi. Bahkan ada sejumlah pedagang yang memilih tidak berjualan. Mereka baru berjualan kembali setelah hari tasyrik berakhir atau tiga hari setelah Iduladha.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya