SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Harga kebutuhan pokok di Jatim pada triwulan IV/2015 diklaim Gubernur Soekarwo stabil.

Madiunpos.com, MALANG — Gubernur Jatim Soekarwo mengklaim harga bahan-bahan kebutuhan pangan pada triwulan IV/2015 masih stabil meski memasuki puncak musim kemarau 2015.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Harga beras IR64 stabil di angka Rp9.500/kg. Ini harga kemarin,” katanya di sela-sela Peresmian Gedung dan Ground Breaking Pembangunan Gedung Pascasarjana dan Rumah Sakit Islam Universitas Islam Malang, Sabtu (31/10/2015).

Diakuinya, harga beras mentik dan bengawan sedikit meningkat. Namun kenaikan harga kedua beras kebutuhan pokok warga Jatim itu, menurut Pakde Karwo—sapaan akrab Gubernur Soekarwo—hanya sedikit. ”Yang juga naik tipis, harga kedelai impor dari Rp9.900/kg menjadi Rp10.000/kg,” sambungnya.

Harga cabai bahkan disebut Soekarwo turun, sedangkan harga cabai keriting turun tajam dari Rp26.000/kg menjadi Rp12.000/kg, cabai rawit dari Rp42.000/kg menjadi Rp13.000/kg. Dengan demikian, simpulnya, jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok, maka lebih mencerminkan panic buying daripada kondisi riil di lapangan.

Soekarwo juga menyebut, pertumbuhan ekonomi Jatim pada semester I/2015 masih bagus, yakni mencapai 5,22%. Indeks Tendensi Konsumen juga terus naik bila dibandingkan periode sebelumnya. Pada trwiulan III angkanya mencapai 114%, triwulan II 103%, dan triwulan I memang agak rendah, yakni 100%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya