SOLOPOS.COM - Ilustrasi kenaikan harga telur (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Harga kebutuhan pokok telur naik.

Harianjogja.com, JOGJA–Kondisi harga pangan terus menunjukkan fluktuasi. Harga telur ayam terpantau mengalami kenaikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lurah Pasar Beringharjo Timur Sumarno mengatakan, harga telur ayam mengalami kenaikan harga Rp1.000 hingga Rp2.000 per kg. Harga telur ayam sebelumnya Rp18.000 per kg.

“Saat ini, harga telur ayam broiler Rp19.000 hingga Rp20.000 per kg,” papar dia, Senin (18/4/2016).

Beberapa harga masih menunjukkan harga yang tinggi seperti harga daging ayam broiler yakni sebesar Rp29.000 per kg. Harga gula pasir juga masih tinggi yakni Rp13.000 per kg. Sebaliknya, harga cabai untuk segala jenis cabai terus mengalami penurunan. Pasokan yang melimpah disinyalir menjadi penyebabnya.

Tingginya harga ayam juga diakui pedagang di Pasar Sore Kranggan. Salah satu pedangan, Ayu mengungkapkan, tingginya harga ayam sudah berlangsung sekitar dua pekan ini. Namun, permintaan tetap tinggi meskipun harga terus melambung.

“Sekarang banyak yang butuh karena banyak hajatan,” ujar dia ketika ditemui secara terpisah,” papar dia.

Sementara itu, salah satu pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Jogja, Amin mengungkapkan, ketika panen melimpah, harga cabai akan turun. Ia mengakut tidak mengalami kesulitan penjualan karena sudah memiliki pelanggan tetap.

“Setiap hari saya bisa menjual cabai satu kwintal. Cabai hijau keriting yang banyak dicari. Sehari bisa laku 20 kg hingga 25 kg,” ungkap dia.

Sementara itu, data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) DIY menunjukkan ada kenaikan harga rata-rata untuk gula pasir dari Rp12.566 per kg menjadi Rp12.600 per kg. Kemudian, harga minyak goreng tanpa merek naik dari Rp10.733 per kg menjadi Rp10.833 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya