SOLOPOS.COM - Pekerja membuat bantal dari kain perca limbah industri konfeksi di Desa Ngemplak, Mranggen, Demak, Jateng, Senin (4/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Harga kebutuhan pokok jenis beras bakal disosialisasikan HET-nya oleh Disperindag Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah berencana menyosialisasikan kebijakan pemerintah yang menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas beras kualitas medium dan premium.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait dengan implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penentuan Harga Eceran Tertinggi Beras Kualitas Medium dan Premium yang mulai berlaku 1 September 2017,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo di Semarang, Senin (4/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam sosialisasi penetapan HET beras medium dan premium tersebut, Disperindag Jateng akan melibatkan berbagai pihak, termasuk Kementerian Perdagangan. Selain itu juga akan dibentuk tim pengawas dari berbagai lembaga yang intens melakukan penyisiran pasar guna mengontrol HET beras di Jateng.

Menurut dia, salah satu bentuk pengawasan adalah meminta para pedagang beras untuk memberi label jenis beras pada beras yang dijual. Dengan demikian, diharapkan pedagang beras tidak bisa memanipulasi beras kemasan ataupun curah. “Nanti akan ada kewajiban [bagi pedagang beras] untuk menempeli kemasan beras, masuk ke premium atau medium. Teknisnya apakah cukup ditempeli begitu saja atau bagaimana,” ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Chamim Irfani berharap Disperindag Jateng melakukan sosialisasi mengenai penetapan HET beras di daerah perkotaan karena dinilai lebih efektif. “Kalau kaitannya antisipasi mengenai manipulasi beras premium dan medium, lebih cocok sosialisasinya di perkotaan, apalagi sekarang tren orang perkotaan lebih memilih membeli beras yang sudah punya brand,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya