SOLOPOS.COM - . (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika NS)

Harianjogja.com, JOGJA–Harga daging ayam broiler di Pasar Beringharjo, Kamis (9/1/2014) naik Rp1.000 per kilogram (kg) dari hari sebelumnya. Kenaikan ini menurut beberapa pedagang karena pakan ayam yang mulai mahal.

Salah satu pedagang daging ayam, Ramdani mengatakan cuaca buruk akhir-akhir ini membuat makanan untuk ayam ternak mahal. Sehingga peternak sulit memberi makan ayam yang akhirnya menyebabkan banyaknya ayam yang mati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dimungkinkan pakan yang mahal menjadi penyebab utama pasokan ayam potong berkurang ke pasar. Karena pasokan ayam berkurang, maka harganya jadi naik,” kata Ramdani di kiosnya, di Pasar Beringharjo, Kamis (9/1/2014).

Sedangkan untuk ayam kampung kini harganya malah turun Rp2.000. Jika pada Rabu (8/1) harga ayam kampung masih berkisar Rp57.000 per kg. Namun hari ini harganya mulai turun menjadi Rp55.000 per kg.

Ramdani menambahkan harga telur juga menyusul naik mengimbangi harga ayam broiler. Harga telur yang biasanya hanya mencapai Rp17.000 per kg, kini sudah menjadi Rp17.500 per kg. Sedangkan harga telur kampung masih stabil Rp1.500 per butirnya.
“Harga telur ayam broiler juga ikut naik. Kenaikan ini kelihatannya juga karena pakan yang mahal,” kata Ramdani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya