SOLOPOS.COM - Ilustrasi bawang merah Brebes. (Muhammad Irsyam Faiz/JIBI/Solopos)

Harga kebutuhan pokok cenderung naik akhir-akhir ini. harga bawang merah bahkan menembus Rp30.000/kg.

Solopos.com, BOYOLALI – Kenaikan harga kebutuhan pokok kian tak terkendali. Harga bawang merah asal Brebes yang diperdagangkan di Boyolali naik 100% menjadi Rp30.000 per kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya harga bawang merah dipatok Rp15.000 per kg. Menurut para pedagang di Pasar Boyolali, kenaikan harga bawang
tersebut terjadi sejak Sabtu (14/3/2015) atau lima hari yang lalu.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Boyolali, Murah, 33, mengaku kaget dengan kenaikan yang cukup fantastis. “Sudah lima hari yang lalu naiknya, kaget juga sih karena naiknya cukup tinggi,” kata dia saat ditemui di kiosnya, Rabu (18/3/2015).

Dia mengaku tidak lagi berani kulak bawang merah besar-besaran. “Biasanya saya ambil ini dari Brebes, kalau bawangnya lagi murah ambilnya bisa sampai satu kuintal. Tapi pas mahal kayak begini paling ngambilnya 20 kg-30 kg,” kata dia.

Diakui oleh dia, penjualan bawang merah di tempatnya juga menurun drastis. Para pembeli, kata dia, yang biasanya membeli 2 kg sekarang menurun jadi 1 kg.

Pedagang lain, Pribadi, 45, mengatakan selain stok yang menipis kondisi cuaca yang basah juga membuat bawang merah cepat membusuk. “Kalau bawang yang dari Cepogo harganya naik dari Rp14.000 jadi Rp20.000 per kg,” kata dia.

Adapun untuk harga bawang putih juga masih stabil yakni berkisar Rp16.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya