SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN—Kenaikan harga bahan pangan jelang Ramadan kini menular pada komoditas lain. Bila sebelumnya harga bawang merah sempat merangkak naik Rp2.000-Rp6.000 per kilogam, giliran harga daging ayam dan daging sapi juga merangkak naik.

“Daging sapi kualitas tinggi sekarang Rp102.000 per kilogram, sebelumnya sekitar Rp97.000 hingga Rp98.000,” kata Indra Kushindratno, penjual daging sapi di Pasar Godean.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menambahkan, untuk kualitas sedang, harga daging sapi naik dari Rp92.000 menjadi Rp98.000 per kilogram. Menurut Indra, stok daging masih cukup melimpah sehingga tidak ada kenaikan signifikan.

Harga daging ayam yang bulan lalu stabil di kisaran Rp25.000 per kilogram pun demikian.

“Permintaannya naik. Kemarin sebulan lalu stabil Rp25.000. Sekarang sudah Rp29.000,” papar Yantini, saat ditemui seusai pemantauan.

Kepala Disperindagkop Sleman, Pustopo, pengendalian harga bahan makanan di pasar tradisional hanya dilakukan melalui monitoring saja. Pihaknya mengaku tidak merencakan untuk melakukan operasi pasar.

“Kalau naiknya di atas 20 persen selama dua minggu, dilaporkan ke pusat. Operasi pasar tidak ada di planing kita,” ujar Pustopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya