SOLOPOS.COM - Pedagang aneka ikan di OW WGM kebanjiran pembeli. Mereka bersyukur bisa kembali berjualan pada momen libur Lebaran 2022, Kamis (5/5/2022). (Solopos/ Muhammad D. Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga ikan goreng di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri mengalami kenaikan saat libur Lebaran 2022. Bahkan kenaikan harganya mencapai 50% dari harga normal.

Ikan goreng merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak diburu wisatawan saat berkunjung di Waduk Gajah Mungkur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang ikan di Waduk Gajah Mungkur (WGM), Semi, 63, mengatakan harga ikan goreng di WGM memang mengalami kenaikan. Dia menjual berbagai ikan air tawar seperti ikan wader, ikan patin, dan ikan tawes.

“Karena ini Lebaran. Harganya naik. Ikan Patin Rp60.000 per kg, Ikan Wader Rp20.000 per ¼ kg, Ikan Tawes Rp20.000 per ¼ kg,” kata Semi, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: WGM Wonogiri Buka saat Lebaran 2022, Pedagang: Alhamdulillah Ramai

Dia menuturkan untuk harga normal ikan yang dijual yaitu Rp40.000 per kg untuk ikan patin, ikan wader Rp15.000 per ¼ kg, dan ikan tawes Rp15.000 ¼ kg. Untuk ikan yang paling banyak diburu pengunjung adalah ikan patin dan ikan wader.

Semi menyebut harga tersebut sudah tidak bisa turun lagi. Meski pembeli kerap kali menego harga, Semi tidak akan menurunkan harganya. Sebab harga tersebut merupakan harga paket Lebaran. Harganya sudah ditentukan dari penyetok.

“Jadi kalau harganya mau turun, nunggu sepekan lagi. Pasti harganya akan turun. Kalau sekrang enggak bisa. Sudah [harga] paket Lebaran” ujar dia.

Baca Juga: Berikut Deretan Tempat Rekreasi di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Semi mengaku sangat bersyukur bisa kembali berjualan di dalam WGM. Saat WGM tutup selama dua tahun karena pandemi Covid-19, ia berjualan di pinggir jalan area WGM.

Waltu berjualan di pinggir jalan area WGM, dia mengaku keuntungannya tidak seberapa dibandingkan saat berjualan di dalam kawasan WGM.

“Alhamdulillah ramai seperti ini. Semua laku. Habis semua [jualannya],” kata Semi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya