SOLOPOS.COM - Ilustrasi gula pasir. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Harga gula pasir lokal masih di atas acuan Kementerian Perdagangan (Kemendag) Rp13.500 per kilogram.

Harga gula pasir lokal secara rata-rata nasional terpantau tertahan di kisaran Rp14.400-Rp14.600 per kilogram (kg) dalam satu bulan terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), Jumat (29/7/2022), gula pasir kualitas premium seharga Rp16.000 per kg atau naik 0,31% dari harga kemarin.

Sementara itu, harga gula pasir lokal tercatat naik 0,34% menjadi Rp14.600 per kg hari ini.

Plt. Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan Isy Karim mengungkapkan bahwa harga tersebut memang di atas harga acuan, namun dengan catatan rata-rata nasional.

“Rp14.500 itu rata-rata nasional, ada variasi harga antarwilayah, terendah di Riau Rp12.500, tertinggi di Maluku Utara dan Kalimantan Utara mencapai Rp16.000, karena faktor logistik,” ujarnya, Jumat (29/7/2022).

Dalam Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag, harga gula di daerah Jakarta Rp14.500/kg.

Sebelumnya, harga gula pasir jenis lokal sempat mengalami kenaikan menjadi lebih dari Rp15.000 per kilogram akibat terhambat kondisi cuaca sehingga pasokan berkurang.

Baca Juga: Pertama di Indonesia! Pemkab Klaten Peroleh Hak PVT Varietas Rajalele

Meski demikian, saat ini pabrik gula (PG) sudah memasuki musim giling tebu sehingga pasokan gula sudah kembali.

Meski harga sudah menunjukkan kecenderungan penurunan, harga masih di atas acuan.

Padahal sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menginsturksikan kepada jajaran kementerian untuk mempersiapkan pemenuhan kebutuhan gula nasional dalam waktu cepat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo membeberkan kebutuhan gula nasional secara umum sebesar 7,3 ton, terdiri atas 3,2 juta ton gula konsumsi dan 4,1 juta ton gula industri, sedangkan produksi gula nasional saat ini masih terbilang rendah yakni sebesar 2,35 juta ton.

“Oleh sebab itu, Bapak Presiden memerintahkan agar langkah untuk memperkuat gula konsumsi harus dilakukan, berarti ada 850.000 ton untuk dipersiapkan,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Harga Gula Pasir Masih Membumbung di Atas Harga Acuan, Ini Jawaban Kemendag

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya