SOLOPOS.COM - Konsumen mengamati cabai rawit merah atau sret di los lantai I Pasar Kota Wonogiri, belum lama ini. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga cabai rawit merah atau sret eceran di Pasar Kota Wonogiri berangsur turun. Harga komoditas tersebut pernah mencapai puncak tertinggi, yakni Rp90.000/kg beberapa waktu lalu.

Harga tersebut kemudian turun menjadi Rp80.000/kg dan kini tercatat Rp70.000/kg atau turun Rp20.000/kg dari harga tertinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ini diduga akibat permintaan yang menurun. Sebagai informasi, harga komoditas di Pasar Kota Wonogiri menjadi patokan di pasar lain kabupaten tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Solo, Gubernur, hingga Danrem Antar Gunawan Wirosaroyo Ke Peristirahatan Terakhir

Ekspedisi Mudik 2024

Pedagang di los lantai I Pasar Kota Wonogiri, Warni, menginformasikan harga cabai sret turun menjadi Rp70.000/kg pada Minggu (24/1/2021).

Tiga hari sebelumnya harganya masih Rp80.000/kg. Meski turun, harga tersebut termasuk masih tinggi dibanding sebelum harga naik. Sebelumnya, harga cabai rawit merah Rp60.000/kg. Lalu harga mulai naik pada momen libur Natal 2020.

“Saat harga masih Rp80.000/kg, kalau ada yang beli Rp3.000 saya ambilkan sejumput. Sekarang bisa peroleh lebih banyak karena harganya sudah turun,” kata Warni.

Baca Juga: 2 Acara Hajatan Dibubarkan Tim Cipta Kondisi Solo, Lurah Ngaku Kecolongan

Menurut Warni, harga cabai rawit di Pasar Kota Wonogiri turun karena permintaan juga turun. Ia menyebut permintaan cabai melonjak saat musim hajatan.

Cabai digunakan untuk bahan berbagai masakan. Saat ini hajatan dalam skala besar dilarang guna mencegah penularan Covid-19.

Panen Dini

Penurunan harga cabai rawit merah diikuti harga cabai jenis lain. Namun, Warni tak memerinci harga terbaru. Sebelumnya, harga rawit putih Rp35.000/kg. Harga cabai jenis itu pernah menyentuh level tertinggi Rp40.000/kg pada akhir 2020 lalu.

Baca Juga: PPKM Tahap II: Jam Operasional Pusat Perbelanjaan Solo Ditambah 1 Jam

Harga cabai tampar merah di Pasar Kota Wonogiri saat ini Rp40.000/kg dari sebelumnya Rp60.000/kg. Cabai tampar hijau Rp24.000/kg dari sebelumnya Rp30.000/kg.

Sementara itu, petani cabai Desa Jimbar, Kecamatan Pracimantoro, Sutrisno, mengatakan produksi cabai belum bisa maksimal. Petani memanen cabai lebih dini.

Jika dibiarkan hingga mencapai usia tua atau berwarna merah, cabai akan membusuk. Itu karena tanaman mendapat asupan air berlebih mengingat saat ini penghujan.

Baca Juga: Terima 6.960 Dosis Vaksin Sinovac, Ini Lokasi Vaksinasi Covid-19 Perdana Karanganyar

Selain itu sekarang sedang ada serangan lalat buah. Ketika cabai sedikit tua, hama tersebut langsung menyerang yang membuat cabai cepat membusuk.

Petani sudah memasang perangkap. Namun, lantaran populasi sudah tak terkendali sehingga banyak lalat buah yang lolos perangkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya