SOLOPOS.COM - Harga komoditas cabai di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tegah bertahan tinggi akibat berkurangnya pasokan dari petani. (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — Harga beberapa jenis cabai di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bertahan tinggi setelah mengalami kenaikan akibat berkurangnya pasokan dari petani.

Dari pantauan di Pasar Manis, Selasa (14/1/2020), harga cabai rawit merah dalam satu pekan terakhir masih bertahan pada kisaran Rp70.000/kg setelah mengalami kenaikan dari Rp65.000/kg. Sementara itu, harga cabai merah besar naik menjadi Rp65.000/kg setelah bertahan pada kisaran Rp55.000/kg dalam sepekan sebelumnya, sedangkan harga cabai merah keriting dalam satu pekan terakhir bertahan pada kisaran Rp60.000/kg setelah naik dari Rp55.000/kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau harga cabai rawit hijau masih berfluktuatif karena awal pekan lalu sempat mencapai kisaran Rp42.000/kg-Rp43.000/kg, kemudian turun menjadi Rp32.000/kg-Rp33.000/kg, sekarang naik lagi menjadi Rp37.000/kg-Rp38.000/kg,” kata salah seorang pedagang sayuran dan bumbu dapur, Yuni.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengaku terpaksa menyesuaikan kenaikan harga yang terjadi di tingkat pengepul atau pedagang besar yang dipicu oleh berkurangnya pasokan dari petani. Ia mengharapkan harga cabai tidak kian melonjak karena akan menyulitkan pedagang maupun konsumen.

“Kalau harganya makin tinggi, daya beli masyarakat pun akan berkurang dan kami selaku pedagang juga akan kesulitan menjualnya. Kami pun terpaksa mengurangi stok karena khawatir tidak laku terjual hingga akhirnya membusuk,” katanya.

Pedagang lainnya, Hamidah mengharapkan harga cabai tidak berfluktuasi karena pedagang akan merugi. “Bayangkan saja kalau sekarang kulakan dengan harga tinggi, kemudian selang satu-dua hari terjadi penurunan harga, kami terpaksa harus merugi dengan ikut menurunkan harga jual ke konsumen meskipun saat kulakan harganya masih tinggi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya