SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras (par.com.pk).

Harga beras di toko modern cenderung tidak terpengaruh dengan gejolak harga

 
Harianjogja.com, JOGJA-Harga beras di toko modern cenderung tidak terpengaruh dengan gejolak harga di pasaran selama lebih dari sebulan terakhir.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Pantauan Harian Jogja pada Sabtu (27/1/2018), sejumlah toko modern tidak menyediakan beras medium. Mereka hanya menjual beras premium dalam kemasan lima atau 10 kilogram. Meski begitu, harganya bisa dibilang tidak jauh berbeda dibandingkan harga beras medium yang dijual di pasar-pasar rakyat, yakni Rp12.800.

Ekspedisi Mudik 2024

Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Firly Firlandi mengatakan pihaknya hanya menjual dua jenis beras, yaitu beras khusus dan beras premium. Beras khusus tidak termasuk dalam kategori komoditas yang harganya ditentukan oleh pemerintah, misalnya beras merah.

Beras premium dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah sebesar Rp12.800 per kg. “Beras premium harganya Rp12.800 dan dijual dalam kemasan dua dan lima kg,” ujar Firly.

Firly mengungkapkan, pada dasarnya Alfamart mendukung program pemerintah dalam upaya menjaga kestabilan harga bahan pokok, termasuk beras. Dengan begitu, dia berharap bisa turut andil dalam menekan laju inflasi.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Yuna Pancawati mengatakan kenaikan harga beras di awal tahun 2018 dinilai tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena mencapai hampir 20%.

Operasi pasar masih terus dilakukan bersama Bulog Divre DIY untuk menurunkan harga secara bertahap. “Harga beras yang naik tahun ini paling tajam kenaikannya. Jadi itu yang menjadi kekhawatiran,” ujar Yuna, Kamis (25/1/2018) kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya