SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga BBM tak akan serta merta diturunkan atas instruksi pemerintah yang enggan mengintervensi Pertamina.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah tidak akan mengintervensi badan usaha, khususnya PT Pertamina, dalam penentuan harga jual gas untuk industri, listrik, dan bahan bakar minyak (BBM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan pemerintah memang berupaya untuk mendorong harga energi yang kompetitif untuk industri. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan dilakukan dengan mengintervensi badan usaha dalam penentuan harga jualnya.

“Perubahan harga apapun, apakah gas untuk industri, listrik, atau BBM, harus didasari pada efisiensi. Bukan karena dipaksa oleh pemerintah,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Sudirman Said menuturkan harga energi yang lebih kompetitif untuk industri merupakan salah satu stimulus yang akan diberikan pemerintah. Pasalnya, industri selama ini menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

Menurutnya, pemerintah ingin melihat badan usaha, khususnya badan usaha milik negara (BUMN), memiliki postur keuangan yang sehat sehingga mampu berkompetisi dengan perusahaan lain. “Pertamina tidak boleh terus menanggung kerugian. Jadi yang harus dilakukan adalah meningkatkan efisiensi. Berapapun harga BBM, harusnmendekati harga keekonomian,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sudirman Said juga mengatakan pemerintah akan konsisten terkait subsidi BBM yang telah dialihkan kepada sektor lain yang lebih produktif. Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pertamina dan Kementerian ESDM menghitung kembali harga BBM jenis Premium untuk mengetahui apakah ada kesempatan untuk menurunkan harganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya