SOLOPOS.COM - Seorang pedagang melayani konsumen yang berbelanja sayuran di Pasar Demangan, Jogja, Senin (1/1/2018). (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Harga cabai juga dinilai stabil

Harianjogja.com, JOGJA-Berbeda dengan daging ayam yang semakin mahal, harga bawang merah terpantau stabil di Pasar Demangan, Jogja, Senin (1/1/2018). Begitu pula dengan komoditas lain seperti bawang putih dan cabai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang pedagang bernama Ngatijo mengatakan, tidak ada peningkatan signifikan untuk permintaan konsumen terhadap bawang merah dan bawang putih, baik menjelang perayaan Natal maupun malam pergantian tahun. Menurutnya, wajar saja jika kenaikan harga juga tidak terjadi.

Ngatijo mengaku menjual bawang merah seharga Rp20.000 per kilogram (kg), sedangkan bawang putih Rp25.000. Dalam sehari, rata-rata dia bisa menjual sebanyak dua hingga lima kg. “Semingguan ini [harga] stabil. Permintaan juga biasa saja walau ada Natal dan tahun baru,” kata dia.

Pedagang lainnya pun menyebut harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil. Meskipun relatif tinggi, harga cabai juga dinilai stabil dalam sepekan terakhir. Seorang pedagang bernama Mariyem memaparkan, harga cabai rawit merah mencapai Rp30.000 per kg, sedangkan rawit hijau hanya Rp15.000. “Bawang merah dan putih sama, sekilo Rp22.000,” ucap dia.

Mariyem menambahkan, kenaikan justru terjadi pada komoditas sayuran. Kenaikannya rata-rata bisa mencapai Rp2.000 hingga Rp3.000. Dia menyontohkan harga tomat buah yang naik dari sekitar Rp14.000 menjadi Rp16.000 per kg. Begitu pula dengan tomat sayur yang saat ini dijual seharga Rp13.000, sedangkan sebelumnya Rp10.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya