SOLOPOS.COM - Pedagang bumbu dapur di Pasar Besar Madiun melayani pembeli, Senin (23/12/2019). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), harga bawang merah naik cukup tinggi. Saat ini harga bawang merah di Kota Madiun senilai Rp36.000/kg.

Seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Besar Madiun, Lastri, mengatakan kenaikan harga bawang merah sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Sebelumnya, harga bawang merah hanya Rp25.000/kg. Tetapi menjelang perayaan Nataru mulai merangkak naik hingga kini senilai Rp36.000/kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau bawang putih tidak naik masih stabil diharga Rp24.000/kg. Yang naik hanya bawang merah,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (23/12/2019).

Lastri menyampaikan kenaikan harga ini memang tidak signifikan dibandingkan saat Hari Raya Idul Fitri. Tetapi, memang ada kenaikan untuk sejumlah barang tertentu.

Secara umum, kata dia, harga bumbu dapur dan sayuran saat ini tidak ada kenaikan yang signifikan. Dia mencontohkan harga berbagai jenis cabai juga masih stabil, seperti cabai merah besar Rp30.000/kg, cabai keriting Rp35.000/kg, cabai lalap Rp22.000, dan cabai hijau Rp17.000/kg.

“Untuk sayuran yang naik paling cuma kentang dari Rp12.000/kg menjadi Rp14.000/kg,” jelas dia.

Pedagang bumbu dapur lainnya, Sukesi, mengatakan hal serupa. Menjelang Nataru, harga bumbu dapur dan sayuran tidak banyak naik harga.

Dia menyebut saat ini hanya harga bawang merah saja yang mengalami kenaikan harga.

Terpisah, Kepala BPS Kota Madiun, Umar Sjaifudin, mengatakan pada November lalu, salah satu penyumbang inflasi di Kota Madiun yaitu komoditas bawang merah. Ia mengingatkan supaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat mewaspadai kenaikan harga bawang merah.

“Untuk prediksinya, kami belum tahu ya. Tetapi yang perlu diperhatikan kenaikan harga bawang merah dan kenaikan harga rokok. Karena pada bulan lalu dua komoditas ini yang menjadi penyumbang inflasi terbesar di Kota Madiun,” ujarnya, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya