SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Petani bawang merah lokal di Jogja yang saat ini masih menjual bawang dipastikan meraup untung besar. Menipisnya pasokan bawang di tingkat petani mendongkrak harga jual bawang merah lokal di pasaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Kadiso Rabu (30/5) mengungkapkan, harga bawang merah lokal saat ini di tingkat petani tembus hingga Rp12.000 per kilogram. Padahal saat ini khususnya di Desa Parangtritis masih melakukan panen raya yang akan berakhir beberapa hari ke depan.

Ekspedisi Mudik 2024

Harga sebesar itu sudah jauh melampaui target biaya balik modal yang dikeluarkan saat produksi bawang. Menurut dia, harga jual bawang merah sebesar Rp5.300 per kilogram saja sudah cukup mengembalikan biaya produksi. Harga sebesar itu diklaim menembus harga tertinggi sejak tiga tahun terakhir.

“Rp12.000 itu sudah sangat untung, ini paling tinggi sejak tiga tahun ini,” ungkap Kadiso.

Melonjaknya harga bawang disebabkan masa panen di sejumlah daerah yang menjadi sentra tanaman bawang merah sudah selesai. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya