SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Harga bawang merah mengalami kenaikan cukup signifikan selama sepekan terakhir. Saat ini, harga komoditas pokok bumbu dapur itu menembus Rp17.500/kg.

Berdasarkan pengamatan di Pasar Legi, harga bawang merah berkisar antara Rp16.000/kg hingga Rp17.500/kg. Harga tersebut disesuaikan dengan kualitas bawang yang dijual.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu pedagang Sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Legi, Rina mengatakan kenaikan bawang tersebut sudah terjadi sejak lima hari terakhir. Menurutnya, kenaikan tersebut disebabkan oleh distribusi barang yang tersendat. Selain itu, banjir yang merendam sebagian daerah juga ikut membuat para petani bawang merah gagal panen.

“Pembelian tidak ada peningkatan justru cenderung sepi. Harga normal bawang merah biasanya Rp12.000/kg,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Senin (4/2/2013).

Pedagang bawang merah partai besar, Sri Rahayu bahkan menjual bawang merah Rp17.500/kg. Ia biasa mengambil barang dagangan dari Brebes dan Probolinggo. Ia mengaku stok barang dagangan di gudang saat ini cukup langka. Jika ada, kualitas bawang merah tidak terlalu bagus. Bawang merah yang berada di pasaran itu agak basah.

“Kami menjual seperti biasa. Tidak ada kenaikan penjualan, sehari biasanya habis 1 ton bawang merah. Stok di pasaran juga agak sulit,” terangnya.

Pedagang lain, Hanna mengatakan stok bawang merah di pasaran memang sulit. Ia pun hanya menjual bawang merah seadanya. Jika harga normal bawang merah biasanya hanya Rp12.000/kg, kini harga jual bumbu dapur itu menembus Rp17.500.

Selain bawang merah, harga bawang putih juga masih bertengger di harga Rp27.000/kg. Harga sejumlah kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan di antaranya minyak goreng curah naik dari Rp9.000/kg menjadi Rp9.500/kg. Selain itu, harga telur ayam negeri juga masih berada pada Rp17.000/kg. Sama seperti pekan lalu, beras C4 super masih berada di harga Rp8.500/kg atau naik Rp500/kg. Harga daging sapi juga masih berada di kisaran antara Rp75.000/kg-Rp80.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya