SOLOPOS.COM - Ilustrasi bawang merah. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Harga bawang merah di pasar tradisional Kabupaten Sukoharjo terus melejit hingga mencapai Rp40.000 per kilogram (kg) atau naik Rp10.000 per kg. Selain itu, harga bawang putih juga naik dari Rp22.000 per kg menjadi Rp27.000 per kg.

Pedagang di Pasar Soekarno Sukoharjo, Darmi, 50, menuturkan, kenaikan harga bawang putih dan bawang merah terjadi sejak sepekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kenaikan harga komoditas tersebut diperkirakan terus terjadi hingga akhir tahun nanti karena faktor cuaca di daerah penghasil.

"Harga bawang itu naik tiga hari sekali. Kenaikannya antara Rp1.000-Rp5.000 per kilogramnya," kata dia.

Selain bawang merah dan putih, komoditas lain yang juga terkerek naik adalah cabai rawit dan keriting. Namun kenaikan harga cabai masih berkisar Rp100-Rp500 per kilogram per hari.

Pedagang lain, Parmi, 45, menyampaikan kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng. Telur ayam semula Rp22.000 per kg menjadi Rp25.000 per kg, gula pasir naik dari Rp11.000 per kg menjadi Rp13.000 per kg; minyak goreng curah dari Rp10.000 menjadi Rp12.000.

Menurutnya kenaikan harga memang lumrah terjadi sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru nanti.

Kenaikan juga terjadi pada harga jual daging ayam potong dari semula Rp32.000 per kg menjadi Rp34.000 per kg.

"Harganya terus naik dari beberapa hari ini. Kenaikannya bisa Rp1.000 per harinya," kata pedagang daging ayam potong, Sri Winarsi, 35.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan pemantauan sudah dilakukan di pasar tradisional, gudang penyimpanan barang milik distributor, hingga ke beberapa pusat perbelanjaan modern.

Baca juga: Foto-Foto Cantik Gerhana Matahari Cincin dari Observatorium Assalam Sukoharjo

Hasilnya, kata dia, stok barang mencukupi dan kemungkinan tidak sampai menyebabkan kelangkaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya