SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Semarang beranjak naik dengan besaran yang bervariasi dibandingkan hari biasanya.

Pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Pasar Karangayu Semarang, Rabu (1/5/2019), harga daging ayam tercatat naik Rp2.000/kg menjadi Rp35.000/kg-Rp36.000/kg. Harga cabai rawit naik menjadi Rp24.000/kg dari Rp20.000/kg. Harga bawang putih yang sebelumnya turun Rp50.000/kg, naik kembali menjadi Rp60.000/kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pedagang di Pasar Karangayu, Yati, 60, mengatakan, tidak tahu pasti penyebab kenaikan bawang putih tersebut. Padahal menurutnya stok bawang putih justru melimpah namun harganya justru naik.

“Kalau bawang putih kan stok banyak, tapi masih mahal. Tidak tahu bisa naik,” ujar Yati saat ditemui di sela-sela melayani sejumlah pembeli yang ada.

Dikatakan, pembeli yang datang pun akhirnya mengurangi jumlah pembelian bahan dibandingkan biasanya. Hal itu membuat pendapatannya mengalami penurunan. “Pembeli sepi kalau naik. Mudah-mudahan harga bisa stabil, tidak naik turun terus menerus,” ucapnya.

Penjual daging ayam, Kamsiyah, mengemukakan kenaikan harga daging ayam yang terjadi merupakan hal biasa menjelang Ramadan. Menurutnya, meski stok melimpah pun harga akan tetap naik karena permintaan masyarakat tinggi.

“Biasa kalau mau puasa seperti ini. Nanti juga naik lagi pas mau lebaran dan setelah lebaran,” katanya.

Salah seorang pembeli daging ayam, Hartono mengatakan, meski terjadi kenaikan harga ia tetap membeli daging ayam tersebut karena sudah menjadi kebutuhan utama. “Tetap beli, mahal ya wajar. Ini kan mau puasa, yang beli juga tetap ada,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang daging sapi Makyem menyebutkan, jika tidak ada kenaikan harga yang terjadi pada daging sapi. Saat ini harganya masih wajar, yakni Rp100.000/kg-Rp110.000/kg.

“Ini daging sapi biasa-biasa saja. Belum naik masih normal. Nanti saat sudah puasa naik ya tidak tahu. Namun biasanya naik,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya