SOLOPOS.COM - Manajer Persis Solo, Hari Purnomo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pergantian tampuk pimpinan Polri dari Jenderal (Pol) Idham Azis ke Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo diyakini dapat menjadi kunci keberlanjutan kompetisi bola nasional. Persis Solo optimistis izin liga dapat segera turun usai Listyo Sigit dilantik sebagai Kapolri baru awal Februari 2021.

Laskar Sambernyawa mendorong Liga 2 memulai musim baru pada 2021 dengan pembagian dua wilayah seperti beberapa musim sebelumnya. Manajer Persis Solo, Hari Purnomo, mengatakan suksesi kepemimpinan Kapolri dapat membawa kabar bagus terkait izin Liga 1 maupun Liga 2.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dibangun Semester I 2021, Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Batang Serap Berapa Tenaga Kerja?

Kompetisi bola nasional sudah vakum sejak Maret 2020 usai pandemi Covid-19 menyerang Tanah Air. Liga sempat direncanakan bergulir kembali Oktober 2020 kemudian Februari 2021. Namun rencana itu pupus karena ketiadaan izin kepolisian.

“Kami pikir Kapolri baru tidak memiliki ganjalan psikologis dengan PSSI. Semoga tak lama setelah dilantik, izin kompetisi bisa turun,” ujar Hari saat dihubungi Solopos.com, Minggu (17/1/2021).

Persis menilai Liga 2 2021 dapat digelar mulai Maret atau seiring pelaksanaan Liga 1 2021 yang diproyeksi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Laskar Sambernyawa juga mendukung kompetisi kembali ke dua wilayah (Timur dan Barat) sesuai aspirasi mayoritas tim Liga 2 pada PT LIB beberapa hari lalu.

Hari Purnomo menilai konsep tersebut lebih fair dalam berkompetisi ketimbang home tournament yang sempat direncanakan untuk kelanjutan Liga 2 2020. “Kompetisi idealnya ya home and away,” ujarnya.

Pengelola Pasar Malam di Ceper Klaten Banting Setir Jadi Bakul Angkringan Akibat Pandemi

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengonfirmasi mayoritas klub Liga 2 menginginkan musim 2020 disetop dan memulai musim baru. Klub, imbuhnya, juga menginginkan kompetisi dibagi menjadi dua wilayah.

“Proyeksinya memang dikembalikan dua wilayah untuk Liga 2 2021. Saran klub akan kami rekomendasikan ke PSSI, keputusan di PSSI,” ujar Sudjarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya