SOLOPOS.COM - SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta masuk 100 besar top 1000 sekolah tahun 2022 berdasarkan nilai UTBK. (Istimewa/smamuhpksolo.sch.id)

Solopos.com, SOLO — Prestasi membanggakan diraih SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta karena menjadi satu-satunya sekolah di Kota Solo, Jawa Tengah yang masuk 100 besar terbaik.

Dasarnya hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada laman top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id, Jumat (26/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data yang dihimpun Solopos.com, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta mendapatkan peringkat ke-78 secara nasional. Posisi ini melejit cukup siginifikan dibanding tahun lalu, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat meraih posisi ke-341.

Kepala SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Upik Mariana, kepada Solopos.com pada Sabtu (27/8/2022) tidak bisa menyembunyikan rasa bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Ia menilai peran guru dan murid menjadi kunci dari prestasi yang ditorehkan SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

“Alhamdulillah wa syukurillah. Semua ini tak terlepas dari perjuangan luar biasa peserta didik yang tak kenal lelah belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan UTBK. Peran guru juga luar biasa dalam menyiapkan program sukses UTBK, membimbing, dan mendampingi mereka,” ujarnya.

Baca Juga : Top 1.000 Sekolah Terbaik Versi UTBK 2022, Hanya 1 SMA di Solo Masuk 100 Besar

Menurut Upik ada beberapa langkah strategis yang dilakukan untuk mendorong siswa-siswi meningkatkan kompetensi. Selain itu, ia juga mengajak orang tua murid berpartisipasi dalam setiap program yang dilakukan sekolah.

“Di awal tahun pelajaran tim kelas XII sudah menyusun program sukses UTBK 2022. Di tengah perjalanan mendapat SK dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah beserta 10 sekolah Muhammadiyah lain di Indonesia untuk program akselerasi dengan target 100 besar.  Terdapat beberapa program tambahan di antara Students Camp. Prestasi ini juga tak terlepas dari dukungan dan kerja sama orang tua, mendukung setiap program kegiatan yang disiapkan tim kelas XII,” lanjutnya.

SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta mendapat nilai 582,555 dari tiga poin penilaian, yakni Tes Potensi Skolastik, TKA Saintek, dan TKA Soshum. SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta menempati peringkat ke-6 di tingkat Provinsi Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya