SOLOPOS.COM - Siswa baru SDN Sriwedari 197 Solo, Azzam Maruf Bi Qolbi (kanan), mendengarkan penjelasan Guru Wali Kelas I, Diyan Alfiyana, saat hari pertama masuk sekolah di ruang kelas I SDN tersebut, Senin (11/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Hari pertama masuk sekolah di SDN Sriwedari 197, Laweyan, Solo, Senin (11/7/2022), diisi dengan masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS yang diikuti satu-satunya siswa baru bernama Azzam Maruf Bi Qolbi, 7.

Pantauan Solopos.com, Azzam yang mengenakan seragam merah putih, sepatu, dan topi warna merah diajak berkeliling lingkungan sekolah. Ia didampingi guru wali kelasnya, Diyan Alfiana. Mereka berkeliling dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hari itu memang khusus untuk pengenalan lingkungan sekolah dan belum ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Siswa kelas II ke atas juga sudah masuk sekolah sehingga Azzam tidak benar-benar sendirian.

Beberapa siswa SDN Sriwedari 197 Solo yang ditemui Azzam untuk MPLS juga tampak ramah menyambut dan menyapa bocah tersebut. Namun, Azzam menolak saat ditawari gurunya untuk bergabung dan bermain bersama kakak-kakak kelasnya.

Bocah laki-laki itu memilih berada di dalam kelas. Azzam sebenarnya bukan satu-satunya murid kelas I SDN tersebut. Ada satu siswa lainnya namun bukan siswa baru melainkan siswa tinggal kelas.

Baca Juga: Semangat Azzam, Satu-Satunya Siswa Baru SDN Sriwedari 197 Solo

Siswa tersebut hari itu belum masuk sekolah sehingga Azzam di kelas sendirian bersama wali kelasnya. Ia tampak percaya diri duduk di bangku sendirian dan berhadapan-hadapan dengan gurunya itu.

Menurut sang wali kelas, Azzam sangat bersemangat meski menjalani MPLS sendirian di SDN Sriwedari 197 Solo. Diyan juga mengatakan Azzam menjawab setiap pertanyaannya dengan baik.

2 Pendaftar

“Alhamdulillah anaknya bersemangat. Tadi sudah perkenalan, buat kartu nama kemudian diwarnain. Sejauh ini bisa diajak berkomunikasi dengan baik, ditanya juga menjawab,” jelas Diyan saat ditemui wartawan di jam istirahat, Senin siang.

Baca Juga: Sedih! SDN Sriwedari Solo Dipastikan Tak Dapat Murid Dari Jalur Zonasi

Seperti diketahui, SDN Sriwedari No 197 Solo tidak mendapat satu pun siswa baru dari jalur zonasi pada penerimaan peserta didik baru atau PPDB tahun ajaran 2022/2023. Saat masa pendaftaran PPDB SD yang dibuka pada bulan lalu, sekolah itu hanya mendapatkan dua pendaftar dari jalur zonasi.

Itu pun mereka mendaftar ke SDN Sriwedari 197 sebagai pilihan kedua. Saat pengumuman PPDB, dua pendaftar itu ternyata diterima di sekolah pilihan pertama masing-masing. Akibatnya SDN Sriwedari 197 tak mendapat satu siswa pun dari jalur zonasi.

Hanya ada satu siswa baru dari jalur afirmasi yang diterima. Ditambah satu siswa yang tinggal kelas, maka kelas I SDN tersebut tahun ini hanya ada dua orang.

Baca Juga: Miris! Lokasi Tengah Kota, SDN Sriwedari Solo Terancam Tak Dapat Murid

Mirisnya, ini bukan kali pertama SDN Sriwedari 197 Solo yang berada di tengah kota menerima siswa baru kurang dari lima orang. Pada tahun lalu, hanya ada lima siswa kelas I SDN Sriwedari 197.

Salah satu dari mereka tinggal kelas, sehingga tahun ini ia harus mengulang kelas I bersama Azzam. Hal itu diakui oleh Kepala SDN Sriwedari 197 Solo, Bambang Suryo Riyadi. Menurutnya, dalam empat tahun terakhir, jumlah siswa baru di sekolahnya selalu di bawah 10 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya