SOLOPOS.COM - Seorang goweser asal Banaran, Kalijambe, Sragen, Heru Santoso, beruntung mendapatkan hadiah door prize motor Yamaha Gaer 125 saat diundi di New Kemukus, Pendem, Sumberlawang, Sragen, Minggu (22/5/2022) siang. (Istimewa/Dispora Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 469 orang goweser dari total 670 orang peserta Tour de Sragen berhasil finis di New Kemukus Sragen pada Minggu (22/5/2022).

Sisanya, sebanyak 201 orang goweser Tour de Sragen tumbang saat menempuh perjalanan 100 kilometer (Km) dari Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen dan finis di New Kemukus.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, bersama Wakapolres Sragen, Kompol Iskandar, berada di antara 469 orang goweser yang dapat mencapai finis Tour de Sragen.

Semula Kapolres berangkat bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kebumen, Fajar Sukristyawan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Alhamdulillah berhasil sampai New Kemukus. Pak Kajari ikut setengah jalan karena ada kegiatan di Solo. Sebelumnya latihan ringan-ringan saja,” ujar Kapolres kepada Solopos.com, Minggu malam.

Baca Juga : Unik! Lomba Masak di Sragen, Ada Soto Jotaren hingga Mbah Gajah Gondang

Piter terkesan dengan rute Tour de Sragen. Menurutnya jalur Tour de Sragen mantap, yakni kombinasi jalur datar dengan tanjakan tipis rolling.

Kemudian, pemandangan alam sepanjang perjalanan, ujar dia, indah menyejukkan mata, seperti persawahan, hutan karet, dan seterusnya. Dia menyebut jalur tersebut seru karena melewati objek-objek wisata di Sragen.

“Agenda ini diharapkan jadi agenda tahunan sebab animo masyarakat goweser tinggi. Ke depan, goweser yang bisa sampai finis diberi kalung medali finisher,” usulnya.

Jalur Menantang

Kabid Pemuda Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen, Teguh Yulianto, mengungkapkan dari 670-an peserta yang berhasil sampai finis di New Kemukus sebanyak 70 persen sedangkan siswanya tidak kuat dan berhenti di tengah perjalanan.

Baca Juga : Ini 12 Band Lokal yang Akan Tampil saat Konser Hari Jadi di Sragen

Teguh mengungkapkan para goweser yang berhasil tiba di New Kemukus disambut panggung hiburan dan makan siang bersama sembari mengikuti undian berhadiah.

Seorang goweser asal Kranggan, Desa Banaran, Kalijambe, Sragen, Heru Santoso, beruntung mendapat undian motor Yamaha Gear 125. Undian motor matic berikutnya diraih goweser asal Sumberejo, Waru, Kebakkramat, Karanganyar atas nama Tri Mulyono.

“Hadiah itu diserahkan Pak Sekda [Sekretaris Daerah Tatag Prabawanto]. Goweser lainnya ada yang mendapat hadiah lemari es satu pintu, speaker aktive PMA, blender, dan kompor gas,” tutur dia.

Kegiatan Tour de Sragen merupakan rangkaian acara merayakan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, memberangkatkan rombongan dari Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen pada Minggu pagi.

Baca Juga : Ini Daftar Kegiatan Seru yang akan Digelar di Hari Jadi Sragen

Ketua Pelaksana Hari Jadi Sragen, Tugiyono, menerangkan pelaksanaan Tour de Sragen lancar mulai dari start sampai finis.

Dia menyebut peserta terjauh dari Bogor, Ciamis, Bandung, Jakarta, Kebumen, dan lain-lain. “Hari ini luar biasa. Pak Kapolres Sragen dan Wakapolres serta anggota ikut memeriahkan gowes 100 kilometer ini. Tamu-tamu luar kota memberi acungan jempol untuk Sragen. Peserta dari Bogor senang sekali dengan jalurnya menantang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya