Hall Megah di Pedaringan Solo Butuh Rp84,8 M, Apa Saja Fasilitasnya?

Hall megah bernama Solo Convention and Exhibition (SCE) yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, membutuhkan anggaran kira-kira Rp84 miliar.
SHARE
Hall Megah di Pedaringan Solo Butuh Rp84,8 M, Apa Saja Fasilitasnya?
SOLOPOS.COM - Kawasan pergudangan Pedaringan, Jebres, Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Gedung pertemuan atau hall megah bernama Solo Convention Exhibition (SCE) yang rencananya dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp84,8 miliar.

Nilai itu berdasarkan penawaran di laman investasi.surakarta.go.id. Sesuai desain awal yang dibuat Pemkot Solo semasa Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, SCE di Pedaringan akan dilengkapi 14 tenant untuk food court dan 28 unit office maupun mini store.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Tidak hanya itu, SCE itu juga bakal dilengkapi dua meeting room dan supporting room, serta guest house atau tempat tinggal tamu. Di laman investasi.surakarta.go.id dijelaskan SCE akan dibangun di area Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Solo yang merupakan pusat pergudangan dan pusat distribusi barang untuk wilayah Solo.

Baca Juga: Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Total luas area Perumda PAU Solo mencapai 9,3 hektare dan sembilan gudang dengan luas 10.200 meter persegi. Di laman yang sama dijelaskan RAB Investasi yakni estimasi biaya pembangunan hall megah di Pedaringan, Solo, itu nilainya Rp84.824.000.000.

Dijelaskan pula luas lahan yang dapat dikelola mencapai 12.500 meter persegi ditambah area parkir 15.000 meter persegi. Investasi pembangunan SCE di Pedaringan diklaim punya banyak potensi pasar yakni sederet event internasional seperti Indonesia Internasional Mask Festival (IIMF).

Baca Juga: Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Event Lokal hingga Internasional

Kemudian Solo International Performing Art (SIPA), Solo International Ethnic Music (SIEM), festival keroncong, festival gamelan, Konser Musik, pameran atau expo, serta konferensi atau seminar. Tak hanya event internasional, ada juga event nasional. Seperti Munas Apeksi atau Apkasi, BUMD Expo, Adeksi, Java Expo, REI Expo, Jaringan Kota Pusaka Indonesia, serta Solo Indonesia Culinery Festival.

Sedangkan untuk event lokal ada berbagai konferensi dan pesta pernikahan. Seperti diketahui Solo merupakan salah satu kota MICE (meeting, incentive, convention, exhibition). Kota ini dikembangkan menjadi daerah tujuan penyelenggaraan berbagai pertemuan maupun konvensi skala lokal, nasional dan internasional.

Baca Juga: Welah, Hampir Setahun Pimpin Solo, Gibran Ternyata Belum Mblabak

Rencana pembangunan hall megah bernama Solo Convention Exhibition di Pedaringan, Solo, dicuatkan kembali oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Sabtu (15/1/2022). Teguh mengatakan pembangunan gedung itu ditargetkan terealisasi sebelum 2024.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago