Hall di Pedaringan Solo Sempat Ditawarkan ke Investor Senilai Rp124,5 M

Gedung Solo Convention - Exhibition Hall berkapasitas sampai 15.000 orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, pernah ditawarkan lewat ajang Solo Investment Forum senilai Rp124,5 miliar.
SHARE
Hall di Pedaringan Solo Sempat Ditawarkan ke Investor Senilai Rp124,5 M
SOLOPOS.COM - Gambar ilustrasi Solo Convention-Exhibition Hall yang akan dibangun oleh Pemkot Solo di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo. (investasi.surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembangunan gedung pamer konvensi dan eksibisi atau Solo Convention-Exhibition Hall di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, yang sudah bergulir sejak 2015 kembali ditawarkan kepada investor pada tahun ini.

Berdasarkan catatan Solopos.com, proyek strategis itu pernah dipamerkan dalam Solo Investment Forum (SIF) pada 2018 dan 2019. Saat itu pembangunan convention hall sempat dilirik sejumlah investor.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pun diundang untuk menyampaikan paparan. Nilai investasi yang ditawarkan saat SIF Juli 2019 untuk convention hall mencapai Rp124,5 miliar.

Baca Juga: Hall Megah di Pedaringan Solo Butuh Rp84,8 M, Apa Saja Fasilitasnya?

Nilai investasi itu untuk luas lahan yang bisa dikelola mencapai 12.500 meter persegi ditambah area parkir hingga 15.000 meter persegi. Hall di kawasan Pedaringan, Solo, tersebut dilengkapi ruang pertemuan, area belanja, arena olahraga, kafe, food court, dan lainnya.

Direktur Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Pedaringan, Chriswanto Tri Santoso, mengatakan nilai yang ditawarkan menyesuaikan tahun berjalan mengingat pembaruan rencana anggaran biaya (RAB). “RAB yang dulu dengan saat ini tentu berbeda,” katanya dihubungi Solopos.com, Selasa (18/1/2022) siang.

Baca Juga: Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Ia memaparkan potensi investasi itu kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akhir tahun lalu. Gagasan tersebut sudah bergulir sejak era Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan terhenti karena Pandemi Covid-19.

Geliat Ekonomi

“Rancangan pemaparan pada investor itu tertunda karena Pandemi. Lalu, kami mencoba mencari investor lagi, karena lahan kami masih ada 5-6 hektare yang belum dimanfaatkan. Ternyata, Mas Wali menyambut baik dan mendukung tawaran investasi convention hall itu. Ini juga menjadi Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan [RKAP] kami,” jelas Chriswanto.

Baca Juga: PAU Pedaringan Solo Jajaki Usaha Mini Market

Ia menyebut keberadaan convention hall di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, bakal mendukung geliat ekonomi di kawasan tersebut. Terlebih, SPBU dan Minimarket Pedaringan sudah lebih dulu beroperasi dan terbukti menarik banyak konsumen.

Seluruhnya merupakan upaya pengembangan pemanfaatan aset milik daerah, karena sayap usaha PAU Pedaringan adalah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. “Usaha kami terus mengikuti perkembangan zaman, kami juga mulai melayani pembelian online untuk minimarketnya,” ucapnya.

Baca Juga: Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut pembangunan convention hall masih butuh jalan panjang karena membutuhkan dana yang tak sedikit. Nilai investasinya besar, namun ia masih enggan memaparkan nominalnya.

“Kami menunggu investasi ke sana, ya mencari investornya. Potensinya sangat luar biasa, makanya kami tawarkan lagi. Jalannya masih panjang, kami belum bisa sampaikan. Nanti ya, kalau sudah jelas,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa sore.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago