SOLOPOS.COM - ilustrasi KPK (detik)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang hakim, panitera, dan pengacara di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (19/1/2022).

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menyampaikan bahwa tiga orang tersebut ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan uang terkait salah satu perkara di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Serahkan Diri, Ini Jejak Korupsi Bupati Langkat

Ketiganya terkena OTT KPK saat melakukan transaksi suap terkait perkara di PN Surabaya. “Benar, [pada Rabu] 19/1/2022 KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di Surabaya Jawa Timur. Dalam kegiatan tangkap tangan tersebut sejauh ini KPK mengamankan 3 orang,” kata Ali Fikri, Kamis (20/1/2022) seperti dilansir Bisnis.com, Kamis.

“Di antaranya hakim, panitera, dan pengacara yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan uang terkait sebuah perkara di PN Surabaya,” imbuh Ali.

Baca Juga : KPK: 3 OTT di Awal 2022 Harusnya Bikin Jera Calon Koruptor

Ali mengatakan KPK masih memeriksa tiga orang tersebut. Ia berjanji KPK akan menentukan sikap terkait penangkapan tiga orang tersebut dalam waktu 1 × 24 jam. “Perkembangannya akan disampaikan,” ujarnya.

Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro, membeberkan nama hakim dan panitera yang terjaring operasi senyap lembaga antirasuah tersebut. Mereka adalah Itong Isnaeni Hidayat selaku Hakim PN Surabaya dan panitera pengganti bernama Hamdan.

Baca Juga : Lolos dari OTT KPK, Bupati Langkat Serahkan Diri ke Polres

“Menurut Ketua PN Surabaya, penangkapan ini baru diketahui [Kamis] pagi tadi ketika KPK datang ke PN Surabaya dan langsung menyegel ruangan hakim. Setelah itu pergi. Terhadap masalah ini untuk mengetahu apa sebenarnya yang terjadi, tunggu saja penjelasan resmi dari KPK,” kata Andi kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya