SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (21/8/2015). Sebanyak 445 jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Surabaya dari Kabupaten Magetan dan Surabaya itu diberangkatkan ke Mekah, Arab Saudi. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) dan Saudia Airlines telah mempersiapkan diri menyambut keberangkatan haji 1443H/2022M yang dimulai pada 4 Juni 2022.

Dua maskapai tersebut telah ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Agama melalui kesepakatan harga yang ditetapkan secara bersama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) telah disetujui dan ditandatangani kedua belah pihak.

Presiden Direktur Ayuberga yang merupakan agen tiket Saudia Airlines, Andri Bermawi, menyambut baik dimulainya keberangkatan jemaah haji pada tahun ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Indonesia, sebutnya, sebagai negara muslim terbesar merupakan salah satu pasar terbesar bagi Saudia Airlines.

Hanya, karena terimbas pandemi Covid-19, telah terjadi penurunan drastis frekuensi penerbangan Saudia Airlines ke seluruh dunia.

Baca Juga: Imbas Musim Haji, PT Garuda Indonesia (GIAA) Raih Cuan

Tak terkecuali, Indonesia dengan lebih dari 1,2 juta penumpang umrah dan lebih dari 250.000 penumpang haji.

Tentunya kondisi tersebut merupakan pukulan yang keras bagi semua maskapai di dunia termasuk Saudia Airlines.

Setelah dua tahun menghadapi pandemi, kini Saudia pun siap untuk menerbangkan kembali para Jemaah haji sesuai peraturan kuota yang telah ditetapkan dari otoritas Arab Saudi.

“Pada 2022 ini jemaah haji yang akan diangkut adalah sebanyak 45.871 dengan 108 kloter dari lima embarkasi,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (3/6/2022).

Jumlah kuota jemaah haji yang diangkut oleh maskapai penerbangan Arab Saudi tersebut tergolong belum optimal dibandingkan dengan 2019 yang mencapai 104.348 penumpang.

Baca Juga: Garuda Indonesia Ajukan Lagi Perpanjangan PKPU 30 Hari, Kenapa?

Artinya, angka ini belum mencapai separuh dari jumlah yang diangkut pada level pra pandemi.

Secara total ada 14 unit pesawat yang disiagakan Saudia Airlines khusus pada musim haji tahun ini.

Perinciannya adalah 11 unit B777-300ER dan 3 unit B747-400.

Sejauh ini, papar Andri, semua persiapan penerbangan sudah dijalankan dengan sedikit penyesuaian dari operasi 2019 dan tinggal dieksekusi pada kloter pertama Sabtu (4/6/2022).

Tercatat bandara embarkasi yang dilayani oleh Saudia Airlines adalah adalah JKS (Bekasi), JKG Pondok Gede (Lampung), SUB (Surabaya), BTH (Batam), dan PLM (Palembang)

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Garuda Indonesia Siapkan Tambahan Penerbangan

Sementara itu, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) mempersiapkan tujuh pesawat berbadan besar (wide body) untuk mengangkut jemaah haji dari 9 embarkasi.

Tujuh pesawat tersebut terdiri atas empat pesawat B777-300ER, satu pesawat A330-300, dan dua pesawat A330-900neo.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan dalam musim Haji 1443/2022, perseroan mendapatkan kepercayaan untuk menerbangkan 47.915 calon jemaah haji ke Tanah Suci mulai 4 Juni hingga 13 Agustus 2022.

Maskapai pelat merah tersebut meyakinkan bahwa seluruh pesawat berbadan lebar (wide body) yang akan digunakan untuk melayani calon jemaah haji dalam keadaan prima dan layak terbang melalui serangkaian inspeksi, termasuk perawatan menyeluruh terhadap mesin pesawat serta komponen vital pesawat lainnya.

“Mendapatkan kepercayaan untuk melayani penerbangan haji selama lebih dari 60 tahun tentunya menjadi manifestasi tersendiri dalam upaya kami untuk senantiasa berada di garda terdepan untuk menyediakan aksesibilitas penerbangan yang optimal bagi masyarakat Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi.



Baca Juga: Kisah Anna Warga Gunungkidul Pramugari Cantik Saudia Arabian Airlines

Terlebih, menurut Irfan, pada musim Haji 1443/2022 ini tentunya makna penting bagi masyarakat yang telah menantikan perjalanan ini selama dua tahun lamanya.

Garuda akan menerbangkan total sebanyak 47.915 jemaah haji tahun ini akan dibagi ke dalam 128 kelompok terbang (kloter), dan akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Saudia Airlines dan Garuda Indonesia (GIAA) Sambut Musim Haji 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya