SOLOPOS.COM - Jemaah haji kloter 10 Pemalang mendapatkan perawatan dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di klinik Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (10/9/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Lima anggota jemaah haji mengeluhkan sakit saluran pernapasan setiba di AHD.

Solopos.com, BOYOLALI — Lima dari 357 anggota jemaah haji kelompok terbang (kloter) 10 Pemalang mengeluhkan sakit di saluran pernapasan saat tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali, Minggu (10/9/2017).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jemaah haji yang sakit langsung mendapatkan perawatan dari tim kesehatan haji indonesia (TKHI) di klinik Asrama Haji Donohudan. Seorang TKIH Asrama Haji Donohudan, Luluk Arifatul, mengatakan delapan anggota jemaah haji dari kloter 10 Pemalang terpaksa dirawat di klinik AHD karena sakit.

Ekspedisi Mudik 2024

Delapan orang tersebut perinciannya lima orang mengeluhkan sakit pernapasan dan tiga orang lainnya sakit diabetes. “Kami mengeluarkan jemaah haji yang sakit dari rombongan untuk memberikan pertolongan pertama setelah tiba dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali,” ujar Luluk saat ditemui Solopos.com di Asrama Haji Donohudan, Minggu.

Menurut Luluk, sebagian besar jemaah asal Pemalang mengeluhkan sakit setelah tiba di Asrama Haji Donohudan. Kemungkinan besar jemaah haji sudah merasakan gejala sakit pernapasan saat akan pulang ke Tanah Air.

Namun, mereka tidak melapor ke TKHI di Arab Saudi sehingga tidak terdeteksi sakitnya. “Jemaah haji yang mengeluhkan sakit pernapasan diketahui sudah parah sakitnya saat diperiksa TKIH di asrama. Kami harus memberikan alat bantu pernapasan kepada jemaah haji dengan oksigen,” kata dia.

Ia mengatakan jemaah haji yang sakit kebanyakan masuk kategori risiko tinggi. TKIH akan memantau kondisi kesehatan jemaah haji sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Kami akan merujuk jemaah haji yang sakitnya bertambah parah ke RS dr. Moewardi, Jebres, Solo,” kata dia.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir, mengatakan pada Minggu tiga kloter tiba di asrama haji yakni kloter 10 Pemalang, kloter 11 Kebumen, dan kloter 12 Magelang. Kloter 10 Pemalang tiba di bandara pukul 07.48 WIB. Mereka kemudian masuk asrama pukul 08.30 WIB.

“Kami mencatat sampai 10 September jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Donohudan ada 3.577 orang. Sementara yang meninggal dunia 55 orang,” kata Afief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya