SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji Indonesia menggunakan masker (kemenag.go.id)

Haji 2016 akan diselenggarakan pada musim panas.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bertepatan dengan musim panas di Arab Saudi. Karenanya, Nila meminta calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini untuk mulai menjaga kesehatan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat kita yang ingin naik haji. Haji ini jatuh di musim panas, heat sroke sangat membahayakan. Temperatur saat musim haji kurang lebih nanti 50 – 51 derajat,” tegas Nila saat memberikan keterangan pers, Minggu (1/5/2016), di bandara Halim Perdanakusuma seusai menyambut kedatangan Hj Culan, jemaah haji Indoensia yang dirawat di RS Garda Nasional Jedah karena mengalami heatstroke [Kondisi yang terjadi ketika badan gagal mengatur suhu tubuh dan suhu terus meningkat].

Ekspedisi Mudik 2024

Ikut hadir dalam kesempatan ini, Sekjen Kemenkes dan jajarannya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, serta Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

“Jemaah kita banyak orang tua yang tidak tahan. Ibu Culan waktu di Mina terkena heat stroke dan alhamdulillah bisa ditolong,” tambahnya seperti diberitakan Kemenag.go.id, Minggu.

Musim haji 1437H/2016M akan segera memasuki tahap pelunasan haji. Pasalnya, Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI sudah menyepakati besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Tahapan selanjutnya adalah diterbitkannya Kepres tentang BPIH untuk selanjutnya dilanjutkan dengan proses pelunasan ibadah haji.

Pemberangkatan calon jemaah haji Gelombang I dari Tanah Air menuju Madinah dijadwalkan akan dilakukan mulai 9 Agustus 2016 mendatang. Sehubungan dengan itu, Menkes Nila mengajak calon jemaah yang masuk dalam antrian pemberangkatan tahun ini segera memeriksakan kesehatananya sejak awal.

“Kita tidak mengharapkan hal seperti yang dialami Hj Culan ini terjadi terus menerus. Cost nya terlalu tinggi. Sementara cost untuk menjaga kesehatan [lebih murah]. Kesehatan tetap harus dijaga dari mula,” pesannya.

“Cek kesehatan dan suatu hari kita naik haji dalam keadaan sehat dan kembali dengan baik,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya