SOLOPOS.COM - Ilustrasi umrah di Masjidil Haram Mekkah, Saudi Arabia. (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Haji 2015 masih dalam proses pemberangkatan calhaj ke Tanah Suci sesuai urutan kloter.

Solopos.com, MAKKAH – Sebanyak empat pos bantuan disiapkan di sekitar Masjidil Haram untuk membantu jemaah Indonesia yang tersesat, sakit, dan lain-lain ketika melakukan ibadah di masjid terbesar di Makkah itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Sektor Khusus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Slamet Budiyono di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/8/2015), menjelaskan pos bantuan tersebut berada di sekitar Marwah, Hajar Aswad, King Abdullah, dan Zam-Zam Tower.

“Kami ingin membuat jemaah tenang beribadah di Masjidil Haram yang luas itu,” ujar anggota TNI AU itu.

Ia mengatakan empat pos bantuan di bawah koordinasi sektor khusus itu akan membantu jemaah yang bingung, tersesat, sakit, dan memerlukan bantuan lainnya.

“Jangan sungkan dan bertanya pada para petugas menggunakan identitas merah putih,” kata Slamet.

Sektor khusus, lanjut lulusan IAIN Surabaya itu, tidak hanya membantu jemaah calhaj, tapi juga melakukan bimbingan bila ada jemaah yang ingin bertanya tentang rukun dan syarat sah umrah atau haji.

“Kami juga siap melindungi jemaah,” ujar di.

Slamet menyiapkan petugas sipil yang keliling di sekitar Masjidil Haram untuk mengantisipasi adanya “joki” untuk mencium Hajar Aswad yang memeras jemaah dengan bayaran tidak wajar.

“Kalau ketemu [joki] akan kami tangkap dan serahkan ke polisi setempat,” kata Slamet.

Ia menjelaskan Sektor Khusus terdiri atas 27 personel yang berasal dari TNI, petugas medis, serta sejumlah warga Indonesia yang telah bermukim di Arab Saudi.

“Kami berkerja dalam dua sif selama 24 jam, siap membantu jemaah,” kata Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya