SOLOPOS.COM - Pemain Vietnam Nguyen Van Tu (kiri) mencoba melewati pemain Timor Leste Cristevao Moniz Fernandes (kanan) saat pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa)

Solopos.com, SURABAYA–Vietnam menang telak 4-0 atas Timor Leste pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (16/9/2022) sore. Vietnam pun memimpin klasemen sementara dengan poin 6 dan tinggal fokus melawan Indonesia pada laga terakhir.

Vietnam memasukkan sembilan gol dan kemasukan satu gol. Ini setelah pertandingan pertama Vietnam menang 5-1 atas Hong Kong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Timor Leste terjerembap di dasar klasemen dari hasil dua kali kekalahan, masing-masing atas Vietnam dan Indonesia dengan skor sama 0-4.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 Hari Ini: Hong Kong vs Indonesia

Ekspedisi Mudik 2024

Pelatih Vietnam Dinh The Nam menyatakan senang atas kemenangan anak asuhnya dan mampu menguasai pertandingan. “Tentu kami senang dengan hasil ini. Sekarang fokus kami di laga terakhir melawan Indonesia,” ujarnya seperti dilansir dari Antaranews.

Pada pertandingan melawan Timor Leste, empat gol kemenangan Vietnam dicetak Nguyen Thanh Nhan menit ke-10, Bui Vi Hao menit ke-14, Nguyen Xuan Bac menit ke-83 dan Khuat Van Khang menit ke-85.

Saat wasit Omar Mubarak asal Oman meniup peluit kickoff tanda babak pertama dimulai, Vietnam mengambil inisiatif menyerang. Peluang demi peluang didapat di awal-awal babak.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Hokky Hattrick, Indonesia Cukur Timor Leste 4-0

Gol pertama Vietnam tercipta tepat 10 menit pertandingan berjalan. Nguyen Thanh Nhan melakukan sundulan ke belakang atau tanpa menghadap ke gawang memanfaatkan umpan tendangan bebas Dinh Xuan Tien.

Empat menit berselang, aksi Bui Vi Hao di dalam kotak penalti sukses mengoyak jala gawang Timor Leste yang dijaga Vilonito Nogueira. Pemain yang di laga perdana tidak tampil tersebut mencetak gol melalui sudut sempit di sisi kiri gawang Timor Leste.

Setelah tertinggal dua gol, Timor Leste memberikan perlawanan dan berhasil menggagalkan serangan-serangan Vietnam. Disiplinnya pemain bertahan Timor Leste membuat Vietnam gagal menambah pundi-pundi gol hingga turun minum.

Baca Juga: Shin Tae-yong Puas Indonesia Cukur Timor Leste 4-0 di Surabaya

Di babak kedua, meski sudah unggul 2-0, namun Vietnam tetap tak mengendorkan serangan. Permainan pendek dari kaki ke kaki membuat barisan belakang Timor Leste kewalahan.

Pertahanan Timor Leste akhirnya kembali kecolongan di sepuluh menit menjelang pertandingan berakhir. Dua gol masing-masing menit ke-83 dan 85 menjadikan skor akhir menjadi 4-0 untuk kemenangan Vietnam.

Dua gol tambahan Vietnam dilesakkan Nguyen Xuan Bac dan Khuat Van Khang. Skor bertahan hingga pertandingan berakhir.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Link Live Streaming Hong Kong vs Indonesia

Selama 90 menit, secara statistik Vietnam menguasai 58 persen pertandingan, sedangkan Timor Leste 42 persen. Vietnam memiliki delapan peluang mengarah ke gawang, berbanding Timor Leste yang hanya sekali mengancam.

Vietnam juga memiliki 10 peluang tidak mengarah ke gawang, sedangkan Timor Leste hanya lima kali kesempatan.

Sementara itu, Pelatih Timor Leste Gopal Krishnan mengakui kekalahan timnya dan meminta para pemain untuk segera melupakannya.

Baca Juga: Hong Kong vs Indonesia: Jaga Tren Positif, Garuda Nusantara!

“Kami tetap bertekad untuk memenangkan pertandingan melawan Hong Kong di laga terakhir,” kata pelatih berkebangsaan Malaysia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya