Hagglund PMI Bantu Evakuasi Erupsi Semeru, Tahan Hingga 60 ºC

Kendaraan tahan api dikerahkan PMI untuk bantu proses evakuasi erupsi Gunung Semeru.
SHARE
Hagglund PMI Bantu Evakuasi Erupsi Semeru, Tahan Hingga 60 ºC
SOLOPOS.COM - Hagglund, unit kendaraan saat dipeoperasikan untuk membantu evakuasi erupsi Gunung Merapi. SOLOPOS/Doc

Solopos,com, SOLO – Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan dua unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berangkat dari panggalannya di Bogor, Minggu (5/12/2021) malam. All Terrain Vehicle (ATV) alias kendaraan serba guna ini tahan dioperasikan pada suhu hingga 60ºC.

Hugglend tersebut sebelumnya diterjunkan di beberapa operasi evakuasi korban letusan gunung, termasuk erupsi Merapi 2010, Gunung Kelud pada 2011 dan Sinabung pada 2013. Selain mampu menembus medan sulit, Hagglund juga mampu melintasi debu vulkanik dengan suhu hingga 60 ºC.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Secara kasat mata, Hagglund PMI ini memiliki dua bagian yang sama pentingnya dan berbentuk seperti gerbong. Pada bagian depan menjadi tempat kemudi dan lima kursi penumpang. Lebar bagian tersebut adalah 1.230 mm sementara tingginya adalah 2.300 mm.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Mengutip hagglund-hire-scotland.co.uk, Sasis bagian depan kendaraan tersebut terhubung terhadap sasis bagian belakang. Trailer belakang tersebut bisa ditumpangi hingga 15 orang.

Kedua bagian ini digerakkan oleh gearbox drop-down. Gearbox pada mesin dan transmisi yang terpasang di gerbong depan itu bertumpu pada Poros Cardan. Poros ini mengirimkan daya ke final drive di ujung final drive yang terpasang di bagian depan masing-masing sasis.

Ada beberapa seri yang digunakan Hagglund. Kendaraan ini pernah keluar dengan tenaga pembakaran bensin dan tenaga diesel.

Baca Juga: PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Final Drive di ujung depan masing-masing sasis tertaut ke empat elemen karet sebagaimana digunakan pada sistem penggerak tank. Elemen karet dengan kabel tekstil memanjang ini menggunakan profil baja integral. Sistem roda inilah yang mendukung Hagglund mampu melintasi segala medan.

Sementara kemudi ditunjang dua silinder hidrolik, servo yang bisa dikendalikan dari roda kemudi konvensional. Sistem hidrolik ini dibangun dari komponen yang tersedia secara komersial. Yang jelas, kemudi tersebut dirancanang untuk berbagai kemungkinan gerakan dua bagian mobil itu.

Tahan Api

Faktor yang menyebabkan Hagglund tahan apa ada pada bahan bodinya. Bodi kendaraan ini dari Glass-Reinforced Plastic (GRP) yang tahan api dengan insulasi busa PVC. Setiap bodi dibuat seperti kotak tertutup dengan perlindungan roll over terintegrasi.

Baca Juga: Tesla Siapkan Cybertruck: Mobil Listrik Kuat Tarik 14.000 pon

Sistem pertukaran panas pada bodi ini menunjang kaca depan tetap bersih saat menerabas medan es dengan suhu hingga -40 °C. Hagglund BV 206 menjadi salah satu kendaraan yang disebut-sebut Tangguh di berbagai perjalanan ekstrem.

Pada Hagglund seri BV 206, unit dilengkapi berbagai fasilitas termasuk tempat tidur. Kendaraan tersebut disebut bisa menampung muatan dengan berat 25.000 kg.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago