SOLOPOS.COM - Mangkunagoro X menyerahkan tombak sebagai kenang-kenangan kepada Bupati Blora Arief Rohman, Sabtu (3/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BLORA — Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X ikut menghadiri prosesi kirab pusaka dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, Sabtu (3/12/2022).

Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang bertakhta sebagai Adipati Mangkunagoro sejak Maret 2022 ini menyaksikan rangkaian kirab pusaka yang diawali di Pendapa Bupati Blora.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam acara itu, Mangkunagoro X memberikan tombak kepada Pemkab Blora sebagai kenang-kenangan.

Sebelum prosesi kirab dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU dengan Mangkunegaran dan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

“Saya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Blora, kepada seluruh masyarakat Blora atas bertambahnya usia Kabupaten Blora yang ke-273 tahun. Semoga di tahun yang ke 273 ini, Kabupaten Blora semakin jaya, makmur dan sejahtera, kedatangan kami dari Pura Mangkunegaran ke Kabupaten Blora merupakan bentuk langkah awal kami beserta Pemkab Blora, dengan kerja sama dengan ISI dan menjalin tali silaturahmi,  khususnya dalam bidang kebudayaan,” terang Mangkunagoro X.

Baca Juga: Bupati Blora Ajak Korpri Terus Berinovasi Melayani Masyarakat Setulus Hati

Mangkunegaran siap untuk mendukung, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora untuk menjaga kelestarian dan mengembangkan kebudayaan, khususnya budaya Jawa.

Bersamaan dengan momentum hari jadi Kabupaten Blora, Bhre Cakrahutomo turut mendoakan agar Kabupaten Blora dapat semakin lebih baik ke depannya.

Rangkaian prosesi kirab pusaka di Pendapa Dinas Bupati Blora diawali dengan Cokekan dan Tari Persembahan dari Mangkunegaran dan ISI Solo.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Bupati Blora Arief Rohman,  Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Forkopimda, Ketua PN, Komandan Batalion 410 Alugoro, Sekda Blora, asisten, dan seluruh Kepala OPD.

Baca Juga: Sebulan Penuh, Inilah Deretan Kegiatan HUT ke-273 Blora

Kirab pusaka hut blora
Prosesi kirab pusaka dalam memperingati HUT ke-273 Kabupaten Blora. (Istimewa)

Rute kirab dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora melalui pintu gerbang ke kanan,  Jl. RA. Kartini ke kanan melalui Jl. Dr. Soetomo  ke kanan Jl. Gunung Sumbing menuju Jl. Pemuda kemudian ke kanan kembali ke Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora.

Kirab juga diikuti oleh staf ahli, Inspektorat, badan, kantor, camat, kepala kelurahan se-Kecamatan Blora, kepala desa dan kepala kelurahan se-Kecamatan Cepu,  Pandemen Tosan Aji, Sedulur Sikep, Sedulur Ki Soreng Jipang, Sedulur ISI, dan Sedulur Balungan Sangiran, dan FPSBB.

Sebelum kirab, dilakukan upacara penyerahan pusaka, di mana Bupati Blora menyerahkan pusaka Keris Kiai Bisma, bserta dengan Tombak Kiai Prabangkat, Tombak Kiai Gupolo dan Tombak Nyai Gupito untuk dikirab.

Pada kirab kali ini Asisten Administrasi Umum Sekda Blora melakukan kirab pusaka Keris Kyai Bismo, sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Blora bertindak sebagai Subo Manggolo.

Baca Juga: Bupati Blora dan Mangkunagoro X Sepakat Bangun Sinergi Budaya

Setelah acara penandatanganan MoU selesai dilakukan, Mangkunagoro X memberikan kenang-kenangan berupa sebuah tombak kepada Pemerintah Kabupaten Blora. Kemudian Rektor ISI Solo juga memberikan sebuah keris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya