SOLOPOS.COM - Sandiaga Uno. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memuji Kota Solo yang menurutnya telah tumbuh menjadi salah satu pusat kota kreatif di Indonesia. Karakteristik tersebut dinilai dapat menyokong kebangkitan ekonomi, khususnya sektor pariwisata, di masa pandemi Covid-19.

Inovasi dan kolaborasi terus didorong agar kelebihan tersebut dapat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di sektor lain. Hal itu ditekankan Menparekraf saat hadir secara virtual dan memberikan dalam kegiatan Universitas Sebelas Maret (UNS) Innovation Festival yang disampaikan secara virtual, Selasa (14/12/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sandiaga tak menampik Covid-19 memberikan dampak sangat dahsyat bagi perekonomian Indonesia, tak terkecuali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Meski demikian Menparekraf meyakini tahun 2021 menjadi batu loncatan untuk bangkit pada tahun depan.

Baca Juga: Bagaimana Ini Mas Gibran? Potensi Pendapatan Solo Rp500 Juta Raib

Secara khusus, Sandiaga menyoroti Kota Solo yang dapat berperan menggenjot pertumbuhan ekonomi kreatif melalui seni pertunjukan. Dia mencatat Kota Bengawan adalah salah satu kota kreatif di Indonesia dengan subsektor seni pertunjukan yang dapat berkontribusi hingga 43,1% untuk pendapatan asli daerah.

Selain itu Sandiaga meyakini UMKM Solo juga berpotensi untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif. “Di sini, inovasi dan kolaborasi dibutuhkan agar ekonomi kreatif dapat terus berkembang,” ujarnya.

Peningkatan Kapasitas SDM

Sandiaga menyatakan Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen memulihkan dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif. Ia menyebut sejumlah upaya yang telah dilakukan yakni peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pelaku pariwisata, ekonomi, kreatif, dan revitalisasi destinasi pariwisata.

Baca Juga: Komposisi Tiga Gamelan dan Musik Metal Siap Guncang Rock in Solo

Kemenparekraf, imbuhnya, juga melakukan peningkatan resiliensi dan desain usaha, inovasi produk dan jasa, termasuk transformasi digital dan apreasiasi kreasi Indonesia, hingga pemulihan dan perluasan pasar melalui kampanye tagar #diIndonesiaAja.

Sandiaga mengatakan prioritas Kemenparekraf saat ini adalah membangun kembali kepercayaan pasar supaya mobilitas masyarakat dapat meningkat. Namun ia mengakui hal itu harus dibarengi implementasi protokol kesehatan.

Menurut Sandiaga, memprioritaskan pemulihan pasar domestik dapat menjadi momentum untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Lebih lanjut, ia mendorong UNS Innovation Festival dapat menciptakan ekosistem wirausaha yang mampu membangun kolaborasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Sinergi dan integrasi harus menjadi role model baru menuju penguasaan ekosistem,” ujar Menparekraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya