SOLOPOS.COM - Dengan manajemen dari Omega Hotel Management (OHM), Fivecord Syariah Hotel by Cordela, hotel dengan konsep modern-minimalis resmi beroperasi di Solo, pada Sabtu (30/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Masa pandemi, tidak menyurutkan semangat para pebisnis untuk melirik Solo, Jawa Tengah untuk mengembangkan hotel.

Dengan manajemen dari Omega Hotel Management (OHM), Fivecord Syariah Hotel by Cordela, hotel dengan konsep modern-minimalis resmi beroperasi di Solo, pada Sabtu (30/10/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menawarkan layanan dan fasilitas berkonsep syariah, Fivecord Syariah Hotel siap memberikan pengalaman staycation dengan kamar nyaman dengan harga hemat, serta mengikuti prosedur kesehatan bagi para bleisure (business & leisure) travelers.

Dalam press conference di acara Hotel Opening Fivecord Syariah Hotel by Cordela, pada Sabtu, Roby Aditya Kusuma, selaku Hotel Manager Fivecord Syariah Hotel by Cordela mengungkapkan hotel yang dikelolanya menganut konsep syariah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hotel syariah pada dasarnya memiliki fungsi dan tujuan yang sama dengan hotel pada umumnya, yaitu memberikan kenyamanan hunian bagi para tamu. Namun Hotel syariah, seperti namanya, tentu memiliki pelayanan berdasarkan tata cara agama Islam,” ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Butuh Modal Mulai Rp250 Juta, Ini Cara Membuka Pertashop Pertamina

Dia menjelaskan, perbedaan hotel syariah dengan hotel lain dapat dilihat dari cara penyajian dan beragam pelayanan yang ditawarkan. Fivecord Syariah Hotel by Cordela menyediakan alat salat dan kitab suci Al Quran di kamar hotel, menu makanan dan minuman halal, tidak ada bar atau minuman beralkohol, serta prosedur checkin dengan pengecekan tamu pasangan yang menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) beralamat sama.

Saat datang ke hotel syariah, tamu tidak perlu menggunakan baju atau pakaian syariah. Tamu cukup mengenakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka, guna menjaga kenyamanan para tamu lain.

“Tamu beragama selain Islam tentu juga boleh menginap. Hotel juga memberikan kelonggaran lain bagi tamu pasangan, seperti menunjukkan foto pernikahan jika tidak membawa buku nikah atau alamat KTP belum diubah. Jika kelonggaran persyaratan tersebut tetap tidak bisa dipenuhi tamu, maka pihak hotel akan menolak masuk,” ujar Roby.

Director of Operations OHM Aswin Drajat, menambahkan, pihaknya akan terus berekspansi meski dalam masa pandemi Covid-19.

“Sebagai hotel operator, OHM siap berekspansi dan mengelola hotel-hotel yang dimiliki investor meski masih dalam masa pandemi, melalui berbagai pilihan brand hotel, mulai dari Cordex, Cordela, Cordela Inn, Grand Cordela dan Alfa Resort. Dengan dibukanya Fivecord Syariah Hotel by Cordela ini maka telah beroperasi 16 hotel, dan akan segera bertambah satu lagi di Palembang menjadi 17 hotel, yang ditargetkan buka pada pertengahan November 2021,” ujarnya.

Baca Juga: Transformasi Digital Jadi Penopang Sektor Pelayaran dan Kepelabuhanan

Protokol Kesehatan

Dia menjelaskan, Fivecord Syariah Hotel by Cordela di Solo memiliki 51 kamar dengan berbagai tipe, 30 Smart Room (15m2), 20 Deluxe Room (20 m2) dan 3 Deluxe Business Room atau connecting room (22 m2).

Hotel juga didukung beragam fasilitas untuk kegiatan bisnis dan leisure, seperti free wi-fi 24 jam, security 24 jam, parking area, bathroom amenities, Local & International TV Channels, menu breakfast buffet yang variatif, 1 meeting room (yang berdekatan dengan area restaurant) berkapasitas 40 pax dengan sistem social distancing, serta restaurant dengan kapasitas 30 pax, menawarkan hidangan nusantara dan internasional. Restaurant hotel juga memiliki area indoor dan outdoor yang cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan kolega.

Hotel ini juga akan didaftarkan untuk tersertifikasi C.H.S.E (Clean, Health, Safety, Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan hotel memang sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di masa pandemi. Saat ini seluruh karyawan hotel juga sudah divaksin.

Protokol pencegahan Covid-19 di Fivecord Syariah Hotel by Cordela dimulai dari tersedianya hand sanitizer di berbagai area hotel, serta prosedur pemeriksaan suhu tubuh bagi karyawan dan juga tamu yang memasuki area hotel dengan infra-red.

Seluruh karyawan dan tamu hotel wajib mengikuti protokol kesehatan. Karyawan hotel dan tamu hotel wajib mengenakan masker, dan pihak hotel juga selalu membersihkan secara rutin seluruh kamar dan fasilitas dengan disinfektan yang aman untuk kesehatan.

Baca Juga: Butuh Modal Mulai Rp250 Juta, Ini Cara Membuka Pertashop Pertamina

Hotel ini juga akan menyediakan pilihan fasilitas touch-less, seperti QR Code yang dapat di scan melalui smartphone untuk mengakses menu restaurant hingga menu Directory of Service yang ada di setiap kamar. Hotel yang dibangun di Jl. Kol. Sutarto No. 62, Jebres, Surakarta ini juga terletak strategis karena berdekatan dengan fasilitas umum masyarakat, yaitu Stasiun Jebres dan Rumah Sakit Moewardi.

Hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata yang terkenal di Kota Solo, yaitu Jurug Solo Zoo, pusat perbelanjaan modern Beteng Trade Center (BTC), dan Keraton Surakarta. Para wisatawan dari luar kota juga dapat dengan mudah mengakses hotel ini karena dapat ditempuh dalam 3 menit dari Stasiun Kereta Jebres, dan 25 menit dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

“Hanya dengan Rp160.000 nett/kamar/malam [room only] atau Rp200.000 nett/kamar/malam, termasuk breakfast untuk 2 orang, maka para tamu yang singgah ke Solo sudah bisa menikmati pengalaman menginap di hotel syariah modern yang nyaman ini. Kami juga memberikan diskon hingga 40% untuk menu F&B pilihan”, ujar Roby.

Untuk reservasi dapat langsung ke hotel atau menghubungi (0271) 641562, atau email ke solo.reservation@cordelainn.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya