SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X (tengah) menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison (kiri) saat peresmian Tokopedia Care di Sleman City Hall, Rabu (15/6/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, JOGJA — Tokopedia meresmikan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di lantai dua Sleman Hall City, Kabupaten Sleman, DIY, Rabu (15/6/2022). Dengan adanya pusat layanan itu, Tokopedia ingin berkontribusi dalam membangkitkan perekenomian serta menciptakan lingkungan kerja yang inklusi bagi para talenta lokal terbaik dengan memanfaatkan teknologi.

Kegiatan seremoni peresmian Tokopedia Care dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) DIY, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, VP of Customer Excellence Tokopedia, Rudy Dalimunthe, dan tamu undangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan pusat layanan pengguna Tokopedia bisa dimanfaatkan para talenta lokal untuk meniti karier. Selain itu, Tokopedia Care bisa menjadi sarana bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menggeliatkan roda usaha.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami pilih-pilih jenis industri. Tanah di Jogja dan sekitarnya terlalu sempit dan mahal. Industri teknologi seperti Tokopedia ini sesuai dengan investasi di Jogja. Produk lokal dan talenta lokal juga bisa dikembangkan di Tokopedia,” kata dia, Rabu.

Dia menambahkan sebagai kota pendidikan, jumlah mahasiswa di DIY lebih dari 300.000 orang. Hal ini potensi talenta lokal yang bisa diberdayakan secara berkelanjutan. Termasuk, penyandang disabilitas yang memiliki keterampilan dan wawasan teknologi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Sultan mengapresiasi Tokopedia Care yang menjadi pusat layanan pengguna di Jogja. Dia berharap bisa memberikan solusi terbaik dan tumbuh bersama pelaku bisnis sehingga berimplikasi pada akselerasi pemulihan ekonomi daerah. “Teknologi bukan ciptaan pemerintah. Saya berharap bisa menjadi solusi bagi pengguna maupun pelaku UMKM,” ujar dia.

Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengatakan pusat layanan pengguna Tokopedia Care menerapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang dapat membantu menjawab beragam pertanyaan pengguna secara lebih cepat dan tepat.

Dia mengungkapkan bertambahnya pengguna sebagai salah satu pertimbangan dibukanya Tokopedia Care. Di Jogja, kata dia, tak perlu khawati saat mencari sumber daya manusia (SDM) yang bertalenta tinggi.

Baca juga: Transaksi Tokopedia Naik, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo

“Pertumbuhan perusahaan di beberapa daerah membutuhan tenaga kerja handal dan mumpuni. Ini strategi hyperlocal yang mulai dikembangkang saat pandemi Covid-19. Talenta muda di Tokopedia lebih dari 900 orang. Dari angka itu 90 persen di antaranya berasal dari Jogja,” kata dia.

Leontinus menambahkan Tokopedia memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi dirinya. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan talenta komunitas lokal yang kurang mendapatkan kesempatan kerja. Kantor Tokopedia Care dilengkapi infrastruktur yang ramah bagi penyandang disabilitas seperti kamar kecil dan ruang salat yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya