SOLOPOS.COM - Ganda putra Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) sengaja disimpan dan diganti dengan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat Indonesia berhadapan dengan Thailand di laga kedua Grup A Piala Thomas di Bangkok, Thailand, Senin (9/5/2022) malam WIB. (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, BANGKOK – Pelatih ganda putra PP PBSI, Herry Iman Pierngadi, menuturkan perubahan susunan pemain pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Thomas.

Perubahan formasi pemain ganda, menurut Herry juga diharapkan bisa memperlancar strategi Indonesia untuk bisa menundukkan tim tuan rumah. “Kami menurunkan susunan yang berbeda dengan kemarin saat melawan Singapura. Itu semuanya demi strategi,” kata Herry berdasarkan keterangan tertulis PP PBSI di Bangkok, Senin (9/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Herry, setiap pemain perlu beradaptasi dengan kondisi angin di lapangan Impact Arena Bangkok yang berbeda antara saat berlatih dan bertanding. Saat timnas Indonesia menjalani latihan, pendingin ruangan di arena utama belum dinyalakan seluruhnya seperti saat pertandingan.

Selain itu, pemain masih terbawa suasana dengan kondisi angin kencang saat bertanding di Kejuaraan Asia di Manila, pekan lalu. Di samping itu, alasan lainny adalah perubahan tersebut merupakan strategi untuk meredam potensi tekanan dari Thailand.

“Karena itu tujuh pemain yang saya bawa harus dimainkan semuanya. Agar mereka bisa cepat beradaptasi dan merasakan bagaimana atmosfer arena pertandingan dengan baik,” tutur Herry.

Baca Juga: Grup A Piala Thomas: Anthony Ginting Ungkap Penyebab Kegagalannya

Demi tujuan adaptasi dan memberi kesempatan semua pemain bertanding, Herry pun perlu melakukan rotasi. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri yang sudah berkesempatan melawan Singapura, diistirahatkan.

Herry pun kemudian memberikan kesempatan kepada Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan untuk bertanding melawan tuan rumah Thailand. Ada juga Kevin Sanjaya Sukamuljo yang bakal berjuang bersama Bagas Maulana.

“Kevin/Bagas juga sering latihan bareng. Kevin bermain depan sebagai playmaker perlu didukung pemain bertipe killer atau tukang gebuk dari garis belakang, dan itu dimiliki Bagas,” ucap Herry.

Baca Juga: Piala Thomas: Hadapi Thailand Malam Ini, Kevin Dipasangkan dengan Bagas

Sejak dari Jakarta, Herry sudah melakukan simulasi untuk menyusun komposisi dan formasi sektor ganda dengan pasangan yang berbeda.

“Dengan mengacak, kekuatan kami jadi tidak mudah dibaca lawan. Selain itu, kami juga bisa memilki komposisi dan formasi pasangan yang banyak. Ini juga agar lawan makin bingung setiap bertemu kita,” pungkas Herry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya