SOLOPOS.COM - Bupati dan pimpinan daerah mengecek perlengkapan kebencanaan milik Polres Sragen seusai apel kesiapsiagaan bencana di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Jumat (19/11/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN – Sebanyak 150 personel kesiapsiagaan bencana hidrogen meteorologi menggelar apel di Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, Jumat (19/11/2021). Apel tersebut dilakukan untuk kesiapan menghadapi bencana alam di musim penghujan.

Apel tersebut melibatkan unsur TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Tim Pemadam Kebakaran Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Tanggul Sungai Bengawan Solo di Masaran Sragen Ambrol, Warga Siaga

“Ada 150 personel yang disiapsiagakan untuk menghadapi bencana. Mereka diapelkan di alun-alun. Apel ini menunjukkan bahwa Sragen siap menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Bencana itu terjadi di musim penghujan. Kami menggerakkan seluruh potensi. Bila terjadi kedaruratan maka komando ada di Kodim,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Agus Cahyono, saat ditemui wartawan seusai apel.

Fungsi BPBD sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendukung penanganan dalam kebencanaan. Dia menerangkan dalam penanganan kebencanaan dilakukan secara sinergi. Apel ini juga sebagai wujud sinergitas seluruh elemen, termasuk sukarelawan kemanusiaan yang berjumlah 1.180 orang.

Baca Juga: Hujan Sudah Tiba, BPBD Sragen Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Selama Kamis (18/11/2021) sudah terjadi longsor di dua lokasi, yakni di Pilang, Masaran dan Karangpelem, Kedawung, Sragen. Dia mengatakan penanganannya sudah dilakukan untuk antisipasi.

Untuk Kedawung, sebut dia, merupakan tanggul saluran drainase yang jebol sedangkan yang di Pilang merupakan tanggul Bengawan Solo. “Kami masih berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo untuk penanganannya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya