SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL–Menghadapi ancaman kemarau panjang, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul menyediakan bantuan pompa air bagi para petani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dispertahut Bantul, Yunianti Setyorini mengatakan, pengadaan pompa air ini sudah dianggarkan dari APBD 2012 dan secara cuma-cuma diberikan kepada kelompok tani. Ia menambahkan, untuk kemarau tahun ini diperkirakan lebih panjang sehingga sejumlah lahan pertanian terancam mengalami kekeringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekitar 100 hektare lahan pertanian akan terancam mengalami kekeringan karena ada perbaikan dan kebocoran irigasi di beberapa titik khusus untuk daerah Sanden dan Srandakan,” ujarnya belum lama ini.

Menurut dia, ancaman kekeringan ini timbul karena penyumbatan di DAM Kamijoro (sungai Progo) akibat material erupsi Merapi.

Yuni menambahkan luas lahan tanam padi musim di kemarau kali ini hanya mencapai sekitar 4.000 hektare. Luasan tersebut jauh menyusut dibanding musim tanam sebelumnya yang mencapai 8.000 hektare. Penyusutan lahan ini terjadi karena hampir separuh lahan tanam padi di Bantul hanya bisa ditanami padi pada musim penghujan.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya