SOLOPOS.COM - Gambar kucing bercaping pada unggahan akun resmi Instagram Pemkot Solo.

Solopos.com, SOLO – Hacker atau peretas akun resmi Instagram Pemkot Solo mengatasnamakan Intelejen Pusat Partai Komunis Tiongkok.

Pengumuman itu disampaikan melalui keterangan pada unggahan video, Sabtu (9/10/2021) sekitar pukul 00.50 WIB. Peretas menggunakan campuran bahasa China dan Inggris dalam membubuhkan keterangan tertulis dalam unggahan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Terkonfrmasi, Akun Resmi Instagram Pemkot Solo Diretas!

Unggahan tersebut sekaligus menjadi konten ke-18 sejak akun Instagram @pemkot_solo diretas. Pada unggahan itu, peretas menampilkan gambar kucing putih bercaping. Berikut keterangan tertulis dalam unggahan itu:

Ekspedisi Mudik 2024

ATTENTION CITIZEN! ?????!

This is the Central Intelligentsia of the Chinese Communist Party. ()

?? Internet ???????????????????
??????????? 15 ( -15 Social Credits) ?????????

DO NOT DO THIS AGAIN! ??????!

If you not hesitate, more Social Credits ( – Social Credits ) will be discounted from your profile, resulting in the lowering of ration supplies. (?????????? CCP)

You’ll also be sent into a re-education camp in the Xinjiang Uyghur Autonomous Zone.

??????????????????????????????????????
???????????????????.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, akun resmi Instagram Pemkot Solo diretas alias kena hack sejak Jumat (8/10/2021) malam.

Baca Juga: Waduh! Ada The Rock di Instagram Pemkot Solo, Dihack?

Peretas mengunggah 16 konten tak biasa di laman yang telah terverifikasi milik Pemerintah Kota Surakarta ini. Salah satunya adalah video menampilkan sosok pegulat profesional Dwayne Johnson alias The Rock.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokopim) Setda Kota Solo, Wahyu Kristina mengonfirmasi akun resmi Pemkot Solo diretas. “Akun dihack,proses pelaporan,” tulis Kristina melalui pesan WhatsApp yang diterima Solopos.com, Sabtu (9/10/2021) dini hari.

Baca Juga: Ancaman “Fancy Bear”: Google Kirim Email ke 14.000 Pelanggan

Berdasarkan pantauan Solopos.com, peretas juga meninggalkan jejak identitas akun @chinahackermemes, Sabtu Pukul 00.23 WIB. “@chinahackermemes will he posting memes too,” tulis unggahan terakhir saat itu disertai unggahan foto pria dan tulisan Zhong Xina.

Foto ini mirip meme pegulat sekaligus aktor dan prestenter TV Amerika. Aktor tersebut bernama John Cena. Meme John Cena itu menjadi postingan aneh ke-16 yang terunggah di laman Instagram resmi Pemkot Solo.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak belum memberi tanggapan atas pertanyaan Solopos.com tentang kemungkinan tindakan cyber crime di balik bombardir konten di akun Instagram Pemkot Solo.

Baca Juga: Waspadalah! 8,4 Miliar Password Bocor di Forum Hacker

Kapolresta hanya menjawab pertanyaan mengenai unggahan konten aneh di Instagram tersebut. “Mungkin bisa ditanyakan langsung aja mas ke admin akun IG Pemkot Solo,” tulis Kapolresta Solo melalui pesan yang diterima Solopos.com, Jumat malam.

Pantauan Solopos.com hingga Jumat Pukul 23.48 WIB, ada 11 konten tak biasa yang terunggah di laman akun resmi Instagram @pemkot_solo. Unggahan tersebut mirip konten yang diunggah akun-akun pecinta dagelan alias komedi.

Video terkini adalah konten video dagelan yang menunjukkan kesalahan membuka botol saus sehingga mengenai muka orang lain. Sebelum itu, unggahan berisi konten video seorang pria membuka tutup botol berbahan kayu.

Baca Juga: Pengunjung Wisata Air di Klaten Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi



Konten aneh sebelumnya menampillan video motion yang berisi promo paket IndiHome. Tak hanya itu, di video yang diunggah sebelumnya menampilkan gambar berlatar belakang tulisan Arab disertai suara ngorok dengan sentuhan efek.

Karakter tokoh Patrick dalam serial SpongeBob SquarePants juga diunggah dalam unggahan di laman Instagram terverifikasi milik Pemerintah Kota Surakarta ini. Ada juga unggahan foto pria dengan penutup kepala dari kulit semangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya