SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus Corona (Detik.com)

Solopos.com, TEGAL -- Pulang dari wisata ke Purbalingga saat pandemi, membuat 18 orang rombongan grup senam positif terpapar Covid-19. mereka yang merupakan warga Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, berwisata pada Kamis (11/3) lalu.

"Anggota grup senam ini berangkat ke Purbalingga untuk acara senam pada 11 Maret. Setelah itu dilanjut wisata ke Dino Land. Mereka menggunakan transportasi bus," kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Eko Budi Prasrianto Prabowo, saat dihubungi, Jumat (26/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eko menyebut sepulang dari acara piknik tersebut, salah seorang anggota rombongan wanita berinisial W, 40, mengeluh sesak napas. W lalu diperiksa dan pada Sabtu (20/3) dinyatakan positif Covid-1 dan dirawat di RSUD dr Suselo, Tegal.

Baca jugaGubernur Ganjar: Tak Ada Penolakan Vaksinasi Covid-19 di Jateng

Beberapa hari menjalani perawatan, pasien tersebut meninggal dunia pada Kamis (25/3) kemarin. W juga diketahui memiliki penyakit penyerta diabetes.

"Satu dari rombongan grup senam ini awalnya mengeluh batuk sesak. Setelah dicek ternyata positif dan dirawat. Tidak lama pada Kamis (25/3) kemarin meninggal dunia. Pasien ini juga memiliki komorbid sakit gula darah," ungkap Eko dilansir Detik.com.

Dari kasus ini, Dinkes Tegal lalu melakukan tracing kontak terhadap 67 orang yang ikut rombongan grup senam tersebut. Mereka terdiri dari keluarga pasien, peserta piknik, maupun kru bus tersebut. Dari ke-67 orang tersebut, 18 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab. Sedangkan 45 orang lainnya masih menunggu hasil tes swab.

Baca jugaKabar Duka, Anggota Bawaslu Sleman Meninggal Terpapar Covid-19

"Jumlah rombongan grup senam 50 orang asal Desa Penusupan ditambah sopir dan 2 kernet bus. Setelah dites lab, hasilnya 18 positif, 4 negatif dan sisanya menunggu hasil," jelas Eko.

Mereka yang positif saat ini dirawat di dua rumah sakit. Satu orang dirawat di RS PKU Muhammadiyah dan 7 orang di RSUD dr Suselo, sedangkan untuk 10 lainnya menjalani isolasi mandiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya