[x] close
H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus
Solopos.com|soloraya

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Solopos.com, KLATEN – Jumlah pengunjung objek wisata Umbul Manten di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Jawa Tengah, pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021) membeludak. Sekitar 400an pengunjung memadati tempat wisata tersebut pada Sabtu pagi hingga siang hari.

Kepala Desa Sidowayah, Mujahid Daryanto, mengatakan pihaknya berusaha menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di kawasan Umbul Manten. "Kami berusaha menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pengecekan suhu tubuh, serta memantau jarak pengunjung. Walaupun penerapan jaga jarak ini agak sulit dilakukan karena kondisi tempat wisata yang selalu ramai pengunjung," katanya saat berbincang dengan reporter Solopos.com Ponco Suseno di sekitar Umbul Manten.

Mujahid menambahkan objek wisata Umbul Manten di Klaten baru buka pada H+1 Lebaran 2021 tepatnya Jumat (14/5/2021). Kemarin ada sekitar 300-an pengunjung yang datang ke sana.

Baca juga: Pulau Jawa Rapuh, Banyak Rongga & Rekahan di Bawah Tanah

Jumlah pengunjung yang membeludak membuat penerapan protokol kesehatan jaga jarak sulit dilakukan. Meski demikian pihak pengelola tempat wisata terus mengingatkan pengunjung untuk tidak berkerumun.

"Tadi sudah ada pengecekan dari Polsek Polanharjo, Koramil, serta Forkopimda Polanharjo, terkait kondisi tempat wisata di momen libur Lebaran. Memang jaga jarak ini agak sulit diterapkan," sambung Mujahid.

Meski demikian para pengunjung yang datang ke objek wisata Umbul Manten rata-rata sudah cukup taat menerapkan protokol kesehatan, salah satunya pemakaian masker. Selama pandemi saya sering datang ke Umbul Manten dan melihat para pengunjung cukup taat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Wiiii.... Umbul Ponggok Klaten Punya Wahana yang Bikin Pengunjung Serasa Jadi Iron Man

Pihak pengelola objek wisata juga tak bosannya mengingatkan tentang penerapan protokol 5M untuk mencegah penularan Covid-19. Mengingat prediksi puncak kunjungan wisata di sana terjadi pada H+3 Lebaran 2021, tepatnya Minggu (16/5/2021).

Objek wisata Umbul Manten ini memiliki daya tarik tersendiri karena pesona alamnya yang indah dan masih asri. Hal itu diakui salah seorang pengunjung asal Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, Surawan, yang datang bersama rombongan keluarga.

"Saya sengaja datang ke sini karena lokasinya yang paling alami, asri, dan airnya jernih," katanya.

Mengingat situasi saat ini masih pandemi, maka pilihlah lokasi wisata yang sekiranya aman. Lebih baik berwisata ke alam terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Dan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan 5M dengan ketat.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago