SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di tugu perbatasan Klaten dengan Sukoharjo dan Boyolali, Sabtu (21/12/2019). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Arus lalu lintas di sepanjang Jl. Solo-Jogja ramai lancar memasuki H-4 Natal 2019. Penumpukan kendaraan hanya terjadi di sejumlah traffic light di beberapa lokasi di Jl. Solo-Jogja.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, arus lalu lintas di Klaten bagian utara, yakni di Tegalgondo terlihat ramai lancar dari arah Solo-Jogja, Sabtu (21/12/2019) pukul 10.30 WIB. Sedangkan dari arah berlawanan, yakni Jogja-Solo sempat terjadi penumpukan kendaraan di sekitar tugu perbatasan di Tegalgondo. Kondisi arus lalu lintas juga terlihat ramai lancar di kawasan perkotaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Arus lalu lintas memang mulai padat merayap. Biasanya, saya menempuh perjalanan dari Pakahan, Jogonalan ke kawasan kota sekitar 10 menit [mengendarai kendaraan roda empat]. Hari ini [kemarin], hingga 30 menit. Soalnya memang ramai,” kata salah seorang pengguna jalan, Valen, kepada Solopos.com, Sabtu.

Hal senada dijelaskan pengguna jalan lainnya, Agung, 23. Kondisi arus lalu lintas di kawasan perkotaan Klaten terlihat ramai lancar, Sabtu siang.

“Saya melintas di Jl. Pemuda Klaten [sekitar pukul 11.30 WIB]. Suasananya sangat ramai. Banyak kendaraan berpelat nomor luar daerah yang melintas. Untuk menyeberang jalan saja sangat susah,” katanya.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, mengakui telah terjadi peningkatan volume kendaraan yang signifikan di Jl. Solo-Jogja atau pun sebaliknya. Satlantas Polres Klaten sudah memiliki strategi guna mendukung kelancaran arus lalu lintas di Jl. Solo-Jogja.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten agar menambah durasi lampu hijau di jalan utama [timur ke barat] dan menambah durasi lampu merah [di jalan utara ke selatan]. Di samping itu, kami juga melakukan barikade di simpang empat Bendogantungan [traffic light di lokasi tersebut segera dinonaktifkan sementara waktu],” katanya.

Kepala Dishub Klaten, Slamet Widodo, mengatakan sebanyak 130 anggota Dishub juga disiagakan guna memperlacar situasi arus lalu lintas selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Selain melaksanakan ramp check sejumlah bus di terminal, para petugas Dishub juga fokus membersihkan rambu lalu lintas, cermin tikungan, dan mengatur traffic light di jalur utama.

“Kami juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait pelarangan beroperasinya truk di atas sumbu tiga dan truk pengangkut galian C di tanggal 20 Desember 2019-21 Desember 2019 dan 31 Desember 2019-1 Januari 2020 [di Jl. Solo-Jogja],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya