SOLOPOS.COM - Posko Mudik (ilustrasi )

Posko Lebaran (ilustrasi )

SOLO–Sejumlah posko, rest area lebaran, hingga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tersebar di sejumlah titik di Kota Solo, menjadi sasaran inspeksi yang dilakukan Tim Pelaksana Penyelenggaraan Posko Terpadu Lebaran, Natal dan Tahun Baru Kota Solo, Kamis (16/8/2012). Hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanan kepada para pemudik di masing-masing tempat tersebut optimal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak Kamis pagi, rombongan tim yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Eny Tyasni Susana itu mendatangi sejumlah posko, rest area dan SPBU, antara lain SPBU Jebres, SPBU Jurug, Posko Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jurug, Pos Polisi Terminal Tirtonadi, Pos Pelayanan Keamanan dan Ketertiban Terminal Tirtonadi, SPBU Balekambang, Posko di dekat pusat perbelanjaan Superindo di Jl Adisucipto Solo, SPBU Bhayangkara dan Pos Polisi Faroka. Mereka memastikan kesiapan dan kondisi di masing-masing Posko, rest area dan SPBU tersebut dalam melayani para pemudik.

“Kami ingin memastikan H-3 Lebaran ini semua siap sehingga pelayanan kepada para pemudik di masing-masing posko, rest area terpadu, serta SPBU, dapat optimal. Semua posko ada, termasuk dari unsur kepolisian dan TNI, termasuk media seperti RRI [Radio Republik Indonesia] yang akan menyiarkan secara langsung pantauan arus mudik Lebaran hingga arus balik nanti,” ujar Eny ketika ditemui wartawan di sela-sela inspeksi di Terminal Tirtonadi, Kamis.

Eny menyebutkan hingga H-3 Lebaran ini, rata-rata posko, rest area dan SPBU yang ditinjau siap 100 persen menyambut para pemudik.

“Ya termasuk dari sisi personelnya, logistik maupun tempat yang digunakan sebagai posko ataupun rest area. Pelayanan juga lancar, sudah banyak pemudik yang memanfaatkan keberadaan tempat-tempat itu. SPBU rata-rata juga telah menyiapkan stok BBM yang mencukupi,” kata Eny.

Dicontohkan Eny, saat inspeksi di SPBU Jurug, pihak pengelola memastikan persediaan BBM di SPBU tersebut mencukupi selama masa Lebaran.

“Kami cek ke lapangan, di SPBU Jurug setidaknya mempersiapkan persediaan BBM untuk jenis solar sebanyak 22 ton, premium 22 ton dan pertamax satu ton, diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan BBM selama lima hari. Hari ini [Kamis (16/8)] sudah ada kenaikan dari hari biasa, yaitu dari 3 ton menjadi 3,5 ton,” ungkapnya.

Sementara Pengawas SPBU Balekambang Giyatno, mengakui menjelang Lebaran stok BBM jenis premium hingga kemarin mencapai 25 ton, jenis solar sebanyak 21 ton dan 3 ton untuk pertamax.

“Biasanya mulai ramai memang pada H-3 hingga H+10. Memasiuki masa Lebaran ini memang sudah ada kenaikan kebutuhan perhari sekitar 9 ton untuk premium dan 7-8 ton untuk solar. Padahal biasanya setiap hari kebutuhan premium dan solah sekitar 6 ton saja. Sementara untuk pertamax kebutuhannya belum bisa diprediksi, ” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya