H-2 Pernikahan Adik Jokowi, 1 Tahapan Di KUA Banjarsari Belum Dipenuhi

Persiapan pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman masih menyisakan satu tahapan yang belum dipenuhi di KUA Banjarsari, Solo.
SHARE
H-2 Pernikahan Adik Jokowi, 1 Tahapan Di KUA Banjarsari Belum Dipenuhi
SOLOPOS.COM - Kepala KUA Banjarsari Solo

Solopos.com, SOLO — Dua hari menjelang pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, ternyata masih ada satu tahapan di KUA Banjarsari, Solo, yang belum dipenuhi.

Tahapan tersebut yakni jonggolan atau klarifikasi data calon mempelai, wali nikah, dan pihak-pihak terkait. Hal itu diungkapkan Kepala KUA Banjarsari, Solo, Arba’in Basyar, seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Arba’in mengatakan masih ada satu tahapan yang belum dipenuhi oleh pasangan Idayati-Anwar Usman menjelang pernikahan. Tahapan itu yakni jonggolan atau klarifikasi data.

Tahapan pada pernikahan adik Jokowi itu seharusnya dilakukan pada Sabtu (21/5/2022) lalu namun Anwar Usman berhalangan hadir sehingga diundur pada Rabu (25/5/2022) atau H-1 ijab kabul.

Menurut Arba’in, pada prosedur klarifikasi atau jonggolan, kedua calon mempelai dan wali nikah wajib hadir. Menurut informasi, wali nikah tersebut calon mempelai perempuan adalah Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dekorator Beberkan Detail Konsep Pernikahan Adik Jokowi di GSB Solo

“Untuk lokasi juga masih menunggu konfirmasi, jonggolan ini bisa di mana saja. [Klarifikasi data] secara administrasi dan ada hal-hal yang kami fix-kan untuk acara tanggal 26 Mei, supaya nanti dalam pelaksanaan lancar, agar data yang di buku nikah betul, tidak ada perubahan,” jelasnya,

Ekspedisi Energi 2022

Seperti diinformasikan, acara pernikahan adik Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman akan digelar di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Kamis (26/5/2022). Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (24/5/2022), kesibukan sudah terlihat di gedung tersebut.

Dekorasi Gedung

Sejumlah pekerja dikerahkan untuk mendekorasi gedung. Para pekerja sudah menata meja, kursi, maupun berbagai hiasan lain. Dari pengamatan sekilas, dekorasi acara pernikahan tersebut bernuansa putih berpadu warna kuning keemasan.

Baca Juga: Graha Saba Buana Solo Mulai Didekorasi Untuk Pernikahan Adik Jokowi

Kursi untuk tamu acara pernikahan adik Jokowi itu menggunakan konsep round table. Selain itu, kursi untuk ijab kabul juga sudah ditata, lengkap dengan mejanya yang berwarna kuning keemasan.

Di panggung, tampak hiasan gunungan wayang besar yang juga berwarna kuning keemasan di sisi kiri dan kanan. Vas berukuran besar warna keemasan diletakkan di berbagai tempat untuk menaruh bunga.

Di bagian luar dipasang tenda dengan kain-kain warna putih, merah, dan oranye menghiasi langit-langitnya. Ranu Asmoro dari Asmoro Decoration, saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa, mengatakan konsep dekorasi pernikahan adik Jokowi itu adalah Jawa klasik.

Baca Juga: Dekorasi Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK di Solo Berkonsep Jawa Klasik

Namun, ia menambahkan untuk detail-detail dan custom design ada sedikit perbedaan dibandingkan saat pernikahan Kahiyang-Bobby dan Gibran-Selvi beberapa tahun lalu. “Perbedaannya ya cuma saya punya gagasan untuk mengusung ini ya, berusaha menyatukan beberapa budaya jadi satu, itu saja,” ujar Ranu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago