Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

H-1 Larangan Mudik, Kedatangan Penumpang di Bandara YIA Melonjak

Kedatangan penumpang pesawat di Bandara YIA melonjak tinggi pada Rabu (5/5/2021). Jumlahnya mencapai 4.089 orang dari rata-rata 1.500 orang/hari.
SHARE
H-1 Larangan Mudik, Kedatangan Penumpang di Bandara YIA Melonjak
SOLOPOS.COM - Angka kunjungan penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) mengalami kenaikan signifikan pada H-1 larangan mudik Lebaran 2021 pada 6 sampai dengan 17 Mei 2021. (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO -- Angka kunjungan penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta naik pada H-1 Larangan mudik Lebaran 2021, Rabu (5/5/2021). Pemerintah melarang mudik mulai 6-17 Mei 2021.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I YIA, Agus Pandu Purnama, mengatakan jumlah kedatangan penumpang pada Rabu sebanyak 4.089 orang. "Grafiknya naik terus sejak 28 April 2021. Hari ini kelihatannya memang puncaknya. Biasanya angka kedatangan hanya 1.500, hari ini kita menerima sebanyak 4.089 penumpang yang datang dari berbagai daerah ke Jogja," kata Agus.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sementara itu, angka keberangkatan penumpang di Bandara YIA juga naik. Walaupun, angka kenaikannya tidak signifikan seperti angka kedatangan penumpang.

"Ada kenaikan walaupun tidak signifikan. Rata-rata di angka 2.000 sampai 3.000 orang dari Jogja (Bandara YIA) ke berbagai daerah," kata Agus.

Baca Juga: Mendekati Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara YIA Naik 58 Persen

Pengetatan pemeriksaan dokumen bebas Covid-19 bagi penumpang yang datang maupun berangkat turut dilakukan oleh petugas bandara. Agus ingin memastikan orang yang masuk maupun keluar bandara bebas dari paparan Covid-19.

"Kita menjamin orang yang datang ke Jogja ini klir atau bebas dari paparan Covid-19. Penumpang sudah membawa dokumen negatif Covid-19 dan yang sudah divalidasi," ujar Agus Pandu.

Posko Satgas

Jelang periode larangan mudik yang berlaku mulai 6-17 Mei 2021, PT Angkasa Pura (AP) I sudah melakukan koordinasi internal dengan sejumlah unsur yang ada di bandara YIA. Posko pengawasan di  YIA nantinya menjadi tempat memeriksa penumpang yang berangkat maupun datang di bandara YIA.

"Kita membentuk posko yang anggotanya terdiri dari TNI, Polri, KKP, dan Angkasa Pura, dan Avsec. Posko tersebut untuk memeriksa baik itu keberangkatan maupun kedatangan," ujar Agus Pandu.

Baca Juga: Bandara YIA Jadi Objek Wisata Edukasi, Pengunjung Bisa Keliling hingga ke Runway Pesawat

Ada dua maskapai yang akan tetap beroperasi selama masa larangan mudik. Maskapai lainnya masih menunggu koordinasi dengan pihak Bandara YIA.

"Pertama ada Garuda Indonesia. Hanya satu kali flight [dalam sehari] mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Mereka hanya beroperasi sejak pukul 10.05 WIB pagi menuju ke Jakarta. Hanya satu rute. Rute selain Jakarta no operation. Untuk jam operasional mulai dari pukul 07.00 WIB pagi sampai dengan 12.00 WIB siang," kata Agus Pandu.

"Kemudian, Citilink yang tetap melakukan perjalanan di waktu-waktu tertentu. Yakni tanggal 9, 11, dan 15 Mei. Maskapai lainnya menyesuaikan. Sampai saat ini mereka masih stand by. Kemungkinan besar juga no operation. Untuk penerbangan kargo tetap kami layani," sambung Agus Pandu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode