SOLOPOS.COM - Jenazah Habib Hasan Mulachela tiba di rumah duka, Jl Kiai Mojo Pasar Kliwon, Solo, Jumat (12/3/2021) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Jenazah tokoh masyarakat dan politikus Habib Hasan Mulachela akhirnya tiba di rumah duka Jl Kiai Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (12/3/2021) pukul 17.25 WIB. Kedatangan jenazah tokoh dermawan itu disambut guyuran hujan.

Hujan terus mengguyur bahkan ketika jenazah Habib Hasan diberangkatkan menuju tempat pemakaman di Klumprit, Sukoharjo, pukul 19.00 WIB. Suara air hujan yang menetes membaur dengan Isak tangis sedih keluarga Habib Hasan Mulachela.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Muhamad Mardiono, saat wawancara dengan wartawan seusai melayat mengaku kehilangan sosok Habib Hasan. Menurutnya, Hasan adalah sosok yang sangat peduli dan peka terhadap persoalan sosial.

Baca Juga: Masjid Sriwedari Solo Sudah Tahap Akhir Tapi Belum Siap Untuk Lebaran

"Beliau tidak pernah memilah dan memilih. Beliau tidak pernah mendiskriminasi siapa pun. Siapa pun yang mengalami kesulitan ia berikan solusi. Bahkan beliau tidak sungkan, langsung turun ke lapangan untuk berbagi," katanya.

Selama masa pandemi Covid-19, Habib Hasan berkeliling Solo dan daerah lain di Tanah Air untuk berkontribusi nyata meringankan beban masyarakat. "Kita sangat kehilangan beliau. Saya doakan semoga kepulangan beliau pada hari Jumat ini beliau diterima di sisi Allah SWT dan diberikan surga-Nya Allah," ujarnya.

Generasi Penerus

Mardiono juga berharap keluarga yang ditinggalkan Hasan diberikan kesabaran dan keikhlasan karena ini semua adalah takdir. "Insya Allah tentu akan ada generasi yang meneruskan beliau untuk menjalankan kegiatan-kegiatan sosial lagi yang seperti pernah beliau lakukan," harapnya.

Baca Juga: Buka Lagi Setelah 5 Pedagang Meninggal Positif Covid-19, Begini Kondisi Pasar Jambangan Karanganyar

Sebelumnya diberitakan, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Kota Solo, Habib Hasan Mulachela, meninggal dunia di rumah sakit (RS) wilayah Jakarta, Jumat (12/3/2021) pagi. Jenazah Habib Hasan dipulangkan hari itu juga ke rumah duka di Pasar Kliwon, Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Hasan Mulachela meninggal dunia sekitar pukul 06.50 WIB. Dia sedang ada agenda atau kegiatan di Ibu Kota sehingga berada di Jakarta.

Salah seorang putri Hasan Mulachela, Kareema, menyampaikan kabar duka tersebut kepada awak media Solo melalui pesan voice note. Tapi Kareema tak menyebutkan penyebab meninggalnya laki-laki yang pernah menjadi anggota DPRD Solo dari PPP tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya