SOLOPOS.COM - Gus Miftah. (Instagram/@gusmiftah)

Solopos.com, SOLO — Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman atau yang dikenal Gus Miftah kritik keras pria yang tendang sajen di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur. Video pria yang rusak sajen itu viral di media sosial.

Lewat keterangan di unggahan akun Instagramnya @gusmiftah, pimpinan Pesantren Ora Aji Jogja itu mengkritik pria di video yang tengah viral. Menurutnya, pria di video tidak toleransi dan merasa paling pintar.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Setiap daerah memiliki adat istiadat atau aturan yang berbeda ‘Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka‘. Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka,” tulis Gus Miftah.

Baca Juga: Unik! Cara Pembuatan Jalan di Thailand, Semen Tak Perlu Diaduk

Gus Miftah yang kritik pria yang tendang sajeng menekanan bahwa yang perlu diubah itu bukan kebudayaan yang dianut seseorang, melainkan cara berpikir seseorang yang dianggap salah dan menyimpang.

Dai yang kerap tampil dengan blangkon itu memberi pandangan soal kemungkinan orang yang meletakkan sajen di Gunung Semeru itu masih melestarikan adatnya. Jadi tindakan pria yang tendang sajen itu dianggap tidak menghormati kepercayaan orang lain. Ia juga menyinggung soal metode dakwah walisongo yang ramah lewat kebudayaan agar diterima masyarakat Bumi Nusantara.

Unggahan Gus Miftah yang kritik pria yang tendang sajen di kawasan Gunung Semeru itu mendapatkan 71.847 tanda suka dan 5.379 komentar netizen hingga Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Perjuangan Petani Panen Durian di Pegunungan, Seperti Bawa Tas Carrier

Seperti Gus Miftah, netizen pun menyayangkan pria yang tendang sajen di kawasan Gunung Semeru. “Orang orang yg begini justru yg merusak citra Islam itu sendiri ,dengan merasa paling suci,” tulis pengguna akun @ceko2693.

“Toleransi, saling menghargai, itu lebih mulia. Harus jaga keseimbangan antara hablum minallah dan hablum minannas,” timpal penggunaa akun @ratna_listy.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gus Miftah (@gusmiftah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya